Tips Menjadi Pengemudi Sektor Pariwisata

sewa mobil jogja murah

Written by Didik Wahyudi

Di Jogja pertumbuhan pariwisata sangat pesat yang mana membutuhkan transportasi berupa mobil untuk mengantar rombongan wisatawan dari satu tempat ke tempat yang lain. Untuk mengemudikan mobil tersebut tentu memerlukan seorang sopir yang sudah paham mengenai mobil dan juga mengenai seluk beluk pariwisata.

Sekarang banyak sekali sopir yang melayani jasa pariwisata yang siap mengantar wisatawan ke objek-objek wisata yang ada di Jogja. Perlu keahlian khusus untuk menjadi sopir pariwisata, apa saja keahliannya? Berikut penjelasan singkat dari kami:

1. Keahlian mengemudi

Bagi seorang sopir tentu saja keahlian utamanya adalah mengemudikan kendaraan. Dengan kontur jalan yang berbeda-beda di Jogja membuat seorang sopir harus bisa melaluinya dengan baik. Terdapat tanjakan tajam dan juga jalan berliku untuk mencapai objek-objek wisata di Jogja.

Salah satu objek wisata yang membutuhkan keahlian khusus adalah saat akan menuju Kalibiru di Kulonprogo. Untuk mencapai ke lokasi wisata, sopir harus mengemudikan mobilnya melalui sebuah jalan yang cukup sempit, dengan tanjakan yang tajam dan juga tikungan yang cukup berbahaya. Banyak sopir yang enggan untuk mengantar tamu ke sana karena takut akan resikonya.  

2. Keahlian Komunikasi

Keahlian berikutnya adalah soal komunikasi. Seorang sopir pariwisata harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada tamu. Sopir pariwisata harus bisa menyenangkan tamu mereka agar bisa menikmati setiap perjalanan. Hal ini diperlukan agar perjalanan tidak terasa kaku. Bersikap ramah wajib dimiliki para sopir pariwisata. Apalagi jika pandai berkomunikasi supaya wisatawan tidak merasa tidak mendapat perhatian selama di kendaraan.  

Baca juga:

Berwisata di Candi Pendem

3. Memiliki Wawasan Tentang Pariwisata

Sebagai seorang sopir pengemudi terkadang diminta untuk menjadi semi guide oleh agen wisata mereka sehingga mereka harus memiliki pengetahuan akan wisata yang ada di Jogja. Walau tidak perlu mendetail paling tidak sopir pariwisata harus paham mengenai objek-objek wisata yang popular.

Pengetahuan mengenai objek wisata mutlak mereka perlukan agar saat wisatawan bertanya sang sopir bisa menjelaskan dengan baik dan jelas. Sopir wisata juga harus selalu memperbarui wawasan mereka tentang objek wisata yang baru di Jogja. 

4. Mengetahui Rute Objek Wisata

Keahlian selanjutnya adalah mengetahui rute setiap objek wisata yang ada di Jogja. Banyak sekali objek wisata yang ada Jogja sehingga sopir wisata harus tahu rute perjalanan agar tidak tersesat saat mengantarkan tamu. Selain itu sopir juga harus tahu rute alternatif jika jalan ditutup atau tidak bisa dilalui.

Demikian penjelasan singkat mengenai keahlian yang harus seorang sopir pariwisata. Masih banyak lagi keahlian yang harus seorang pengemudi pariwisata miliki dan akan bahas di lain kesempatan. njogja.co.id

Baca Juga …

Wisata Malam Yogyakarta

Wisata Malam Yogyakarta

Kehidupan sehari-hari yang penuh aktivitas dapat membuat pikiran dan tubuh kita merasa lelah. Namun, ada cara yang...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.