2 Museum yang Populer Di Yogyakarta

Wisata Museum Jogja – Yogyakarta pernah menjadi salah satu pusat budaya Jawa dan juga ibu kota negara Republik Indonesia tentu saja memiliki berbagai macam peninggalan-peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya. Benda-benda sejarah tersebut di simpan di museum-museum yang tersebar di penjuru Yogyakarta. Museum saat ini menjadi populer dan banyak dikunjungi banyak orang antara lain: Museum Ullen Sentalu, Museum Affandi, Museum Benteng Vredeberg, Museum Sono Budoyo, dan lain-lain. Dalam artikel ini kami akan merangkumnya sebagai tambahai informasi dan juga sebagai paket wisata Jogja bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan menyukai wisata sejarah.

  1. Museum Ullen Sentalu

Musem Ullen Sentalu merupakan museum peninggalan budaya Jawa. Museum ini sangat populer khususnya bagi wisatawan asing yang menyukai budaya lokal. Banyak sekali benda-benda peninggalan nenek moyang yang disimpan dan dipamerkan di museum ini khususnya yang berhubungan dengan budaya Jawa. Benda-benda tersebut antara lain: keris, arca, lukisan, batik, senjata tradisonal, lukisan, dan masih banyak lainnya.

Museum ini terletak di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman sekitar 25 kilometer utara Kota Yogyakarta. Setiap penggunjung yang datang akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan menjelaskan mengenai koleksi-koleksi yang ada di dalam museum. Koleksi museum sendiri dibagi menjadi beberapa ruangan, antara lain: Ruang seni dan gamelan yang menyimpan seperangkat gamelan, selanjutnya Guwo seto Giri yang beri lukisan tokoh-tokoh dinasti Mataram, selanjutnya Kampung Kambang yang berisi batik, syair dan benda lainnya, dan yang terakhir adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor.

  1. Museum Affandi

Museum Affandi merupakan museum yang berisikan oeninggalan lukisan, sketsa dan benda-benda lainnya dari salah satu maestro lukis Indonesia, Affandi. Tempat ini memiliki arsitektur yang cukup unik, atapnya berbentuk menyerupai daun pisang terletak membujur disisi sungai Gajah Wong dan lokasinya berhadapan dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Kalijaga tepatnya di Jl Laksda Adisucipto No.167, Depok Sleman.

Baca Juga …

Isi Museum Sonobudoyo

Isi Museum Sonobudoyo

Yogyakarta, kota magical yang kaya akan nilai leluhur, menyimpan harta berharga dalam bentuk warisan budaya dan...

Achieve Art Space Jogja

Achieve Art Space Jogja

Suka dengan aktivitas berbau seni? Memasukan Achive ke dalam Paket Liburan 1 Hari Jogja Anda! Yogyakarta terkenal...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.