Bukit Panguk Kediwung, Pesona Pagi Penuh Magi

Written by Didik Wahyudi

Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta – Menyusuri Jogja di pagi hari merupakan satu keasyikan tersendiri. Apalagi jika kamu mau bergerak ke arah Bantul, tepatnya ke daerah Dlingo. Memiliki topografi berbukit dan aliran Sungai Oya yang mengular membelah tebing menjadikan pagi di kawasan Dlingo terasa begitu syahdu. Sebelum matahari terbit, biasanya kabut akan memenuhi lembah Sungai Oya dan dataran rendahnya sehingga kamu seolah berada di atas lautan awan. Salah satu tempat tempat yang menyajikan pesona pagi menakjubkan seperti ini adalah Bukit Panguk, Kediwung.

Awalnya tidak ada yang spesial dengan kawasan ini, hanya perkampungan biasa yang banyak ditumbuhi pohon jati serta berbatasan dengan jurang di mana Sungai Oya mengalir. Seiring maraknya aktivitas wisata melihat pagi berkabut di Kebun Buah Mangunan, warga pun menyadari potensi daerahnya. Bahwa ternyata tiap pagi lembah Sungai Oya yang ada di dekat perkampungan warga juga selalu penuh dengan kabut putih laksana lautan kapas. Maka mulailah pengembangan Bukit Panguk Kediwung sebagai alternatif wisata baru.

Di kebun jati yang menghadap ke jurang ini dibangunlah anjungan dan jembatan bambu yang menjorok ke tebing. Saat pagi tiba, sembari menyaksikan mentari yang muncul dengan malu-malu, wisatawan bisa berfoto di anjungan-anjungan tersebut berlatarkan lautan kabut yang menutupi permukaan lembah. Sesaat foto-foto yang ada serupa dengan foto di atas gunung tinggi.

Nantinya saat matahari sudah tinggi, kabut akan menghilang perlahan dan menampilkan keseluruhan lembah yang hijau. Namun sayangnya tidak setiap hari kabut tersebut muncul. Di musim kemarau biasanya kabut tidak terlalu tebal bahkan cenderung menghilang. Namun di musim penghujan tiba, kabut akan menjadi teman sehari-hari. Meski tidak bertemu kabut, perjalananmu tak akan sia-sia. Sebab ada banyak hal indah lain yang akan kau temukan di Bukit Panguk Kediwung.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatam Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari pusat kota Yogyakarta bisa Anda tempuh sekitar 45-60 menit perjalanan. Akses menuju tempat ini terbilang mudah. Dari Terminal Giwangan, kamu bisa lurus terus ke Selatan menyusuri jalan Imogiri Timur.

Sesampainya di Kecamatan Imogiri arahkan kendaraanmu menuju Dlingo (Kebun Buah Mangunan). Puncak Panguk Kediwung berjarak sekitar 2 km dari Mangunan. Kamu tak perlu takut tersesat, sebab sudah banyak petunjuk arah menuju tempat wisata yang ngehits ini. Anda bisa menjadikan objek ini sebagai pilihan paket wisata Jogja.

Baca Juga …

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Jogja memiliki beragam destinasi wisata alam ramah anak, yang dapat menjadi pilihan sempurna bagi keluarga yang ingin...

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Tak jauh dari keramaian kota Yogyakarta, tersembunyi sebuah destinasi unik yang menggabungkan keindahan alam dan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.