Bukit Pengilon Jadi Alternatif Menikmati Pantai dengan Cara Berbeda

Bukit Pengilon Jogja

Written by Didik Wahyudi

Bosan wisata Sejarah di Jogja? Yuk jajal wisata alamnya! Indonesia, sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh pantai dan bukit-bukit, menyajikan pemandangan alam yang mengagumkan. Salah satu tempat yang menawarkan perspektif yang jarang dijumpai adalah Bukit Pengilon Jogja. Terletak di tepian pantai, tepatnya di kawasan Gunung Kidul, Bukit Pengilon menghadirkan alternatif menikmati pantai dengan sudut pandang yang berbeda.

Bukit Pengilon Perpaduan Harmoni Pantai dan Bukit

Bukit Pengilon adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukit ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, sekitar 66 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Bukit Pengilon menawarkan pemandangan yang indah berupa hamparan laut biru yang luas dan deretan perbukitan hijau yang menjulang tinggi.

Bukit Pengilon adalah salah satu destinasi alam yang memukau di Jogja. Walau namanya “bukit,” tempat ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan pantai yang indah di pesisir selatan Jogja. Tempat ini menggabungkan keindahan alam bukit dan panorama pantai, menciptakan suasana yang tak biasa dan memesona.

Bukit Pengilon menjadi salah satu alternatif untuk menikmati pantai dengan cara yang berbeda. Jika biasanya wisatawan hanya menikmati pantai dari tepi pantai, di Bukit Pengilon wisatawan dapat menikmati pantai dari ketinggian. Hal ini tentu memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih menarik.

Kawasan Bukit Pengilon memiliki keunikan tersendiri karena paduan hamparan rumput di ketinggian yang langsung bertemu dengan bibir pantai. Dahulu, tempat ini adalah bagian dari Gunung Purba Batur yang aktif jutaan tahun lalu. Kini, spot ini menjadi tujuan wisata yang menghadirkan pemandangan spektakuler pantai dan lautan di sekitarnya.

Bukit Pengilon Jogja

Camping dan Hiking di Bukit Pengilon

Selain menikmati pemandangan pantai, wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan menarik lainnya di Bukit Pengilon Jogja. Nah, bagi Anda yang menyukai petualang atau alam, camping adalah aktivitas favorit di sini. Bukit Pengilon merupakan salah satu lokasi camping yang favorit di Gunungkidul. Hamparan rumput yang luas dan pemandangan yang indah membuat Bukit Pengilon menjadi tempat yang ideal untuk berkemah.

Wisatawan juga dapat melakukan hiking di Bukit Pengilon. Ada beberapa jalur hiking yang dapat dilalui wisatawan, dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jalur hiking yang paling populer adalah jalur yang menuju puncak Bukit Pengilon. Dari puncak Bukit Pengilon, wisatawan dapat melihat pemandangan yang lebih luas dan indah lagi.

Bukit Pengilon merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik dan wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Bukit ini menawarkan pemandangan yang indah, berbagai kegiatan menarik, dan suasana yang sejuk dan asri. Bukit Pengilon adalah tempat yang ideal untuk menikmati pantai dengan cara yang berbeda.

Bukit Pengilon Jogja

Pemandangan Tak Tertandingi

Dari Bukit Pengilon, wisatawan dapat melihat keindahan pantai dari sudut pandang yang berbeda. Pantai terlihat lebih luas dan indah, dengan deretan perbukitan hijau yang menjulang tinggi di belakangnya. Pemandangan yang indah ini tentu akan membuat wisatawan tidak ingin cepat-cepat meninggalkan Bukit Pengilon.

Selain itu, dari puncak Bukit Pengilon, pengunjung disuguhi pemandangan memukau yang jarang terlihat di tempat wisata alam lainnya. Pandangan ini meliputi Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung di timur, serta Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung di barat. Pantai-pantai ini dikenal dengan formasi batu karang besar yang menyerupai bukit dan menciptakan pesona visual yang unik. Pemandangan ini semakin memukau bila dipandang dari ketinggian Bukit Pengilon.

Pengunjung dapat merasakan kenyamanan alam yang menenangkan serta mengamati pemandangan indah sepanjang hari di Bukit Pengilon Jogja. Selain itu, para penduduk sekitar juga telah menyediakan tempat duduk improvisasi di sekitar jalur setapak. Jalur ini yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati panorama atau mengambil foto indah.

Bukit Pengilon Jogja

Menikmati Sunrise dan Sunset

Lanskap alam Bukit Pengilon memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pencinta matahari terbit dan matahari terbenam. Menyaksikan cahaya matahari perlahan naik dari ufuk timur atau meredup ke balik horizon barat adalah momen magis yang membawa kedamaian.

Sejak pertama kali dikenal pada tahun 2012, Bukit Pengilon telah mengambil alih perhatian para petualang dan fotografer alam. Fotografi sunset dan sunrise yang luar biasa telah menyebar di berbagai platform media sosial, memikat hati dan imajinasi banyak orang. Matahari yang lambat terbenam, menggantikan langit dengan palet warna yang memukau. Begitu juga cahaya matahari yang perlahan muncul di cakrawala, menciptakan pemandangan yang tak dapat tergantikan.

Fenomena matahari terbit dan terbenam di Bukit Pengilon juga memberikan pelajaran tentang kerentanan alam dan keajaiban alam semesta. Saat matahari menyingsing atau terbenam, kita diingatkan akan betapa kecilnya kita dalam skala kosmos yang luas. Keindahan ini mengajarkan pentingnya menjaga dan merawat bumi tempat kita tinggal, sehingga generasi mendatang dapat menikmati keajaiban alam yang sama.

Bukit Pengilon Jogja

Bukit Pengilon Jogja

Lokasi dan Akses

Bukit Pengilon berada di Gunung Kidul, tepatnya di Tepus. Lokasinya sejajar dengan Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wedi Ombo, serta dapat diakses melalui Pantai Siung. Meskipun perjalanannya mungkin memakan waktu dan melelahkan, rute menuju lokasi telah cukup ditingkatkan dengan aspal di beberapa bagian.

Untuk lebih mudahnya, Anda dapat memanfaatkan aplikasi peta atau Google Map. Dengan begitu, perjalanan akan lebih mudah baik dengan kendaraan pribadi atau sewa. Pastikan untuk menggunakan jasa penyewaan kendaraan tepercaya atau manfaatkan paket wisata ke Bukit Pengilon Jogja.

Fasilitas dan Informasi Harga

Sangat penting untuk diingat bahwa fasilitas di sekitar Bukit Pengilon terbatas. Tidak ada fasilitas seperti kamar mandi atau tempat makan di sekitar area ini. Oleh karena itu, para pengunjung diharapkan membawa perlengkapan yang diperlukan untuk memastikan kenyamanan mereka selama berkunjung. 

Biaya untuk masuk ke area ini cukup terjangkau, dengan tiket masuk seharga Rp. 5.000. Sedangkan biaya parkir berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000, tergantung jenis kendaraan. Pastikan untuk membawa kantong sampah dan tidak meninggalkan sampah di area wisata demi kenyamanan bersama.

Bukit Pengilon adalah tempat wisata yang menakjubkan di Jogja yang memungkinkan para pengunjung untuk menikmati keindahan pantai dari ketinggian. Dengan pemandangan unik dan pilihan aktivitas berkemah, tempat ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. 

Meskipun akses mungkin cukup menantang, keindahan yang ditemukan di Bukit Pengilon pasti akan membuat semua usaha terasa worth it. Bagi pecinta alam dan pemandangan yang luar biasa, Bukit Pengilon Jogja adalah tempat yang patut untuk dijelajahi.

Baca Juga …

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Jogja memiliki beragam destinasi wisata alam ramah anak, yang dapat menjadi pilihan sempurna bagi keluarga yang ingin...

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Tak jauh dari keramaian kota Yogyakarta, tersembunyi sebuah destinasi unik yang menggabungkan keindahan alam dan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.