Kebun Buah Mangunan, Menikmati Lekuk Amazon-Nya Jogja Dari Ketinggian

Written by Didik Wahyudi

Terletak pada ketinggian 150  – 200 mdpl, Kebun Buah Mangunan tidak hanya menyajikan deretan pohon buah-buahan yang tertata apik. Di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan keelokan Sungai Oyo yang mengalir meliuk membelah perbukitan.

Berwisata ke kebun buah bersama keluarga tentunya akan menjadi hal yang snagat menyenangkan. Apalagi jika bertepatan dengan musim panen buah sehingga anggota keluarga bisa bersama-sama memanen buah-buahan yang ada. Di Yogyakarta, tepatnya di daerah Mangunan, Bantul juga terdapat tempat rekreasi menarik bernama Kebun Buah Mangunan.

Deretan pohon buah-buahan menghiasi bukit seluas 23 hektar ini. Penataannya pun cukup menarik, yaitu disesuaikan dengan kontur kemiringan bukit. Pohon buah yang ada di tempat ini antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, matoa, jambu biji, cempedak, kelengkeng, manggis, dan masih banyak lagi.

Namun bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, sejatinya bukan pohon buah yang menjadi tujuan utama kunjungan mereka, melainkan sebuah spot menarik di puncak bukit Mangunan. Di puncak bukit yang dikelilingi pagar kayu ini wisatawan bisa menyaksikan keelokan Sungai Oyo yang mengular membelah bukit. Sepintas lihat pemandangan tersebut seperti Sungai Amazon di Brazil.

Jika datang di pagi hari, Ngarai Sungai Oyo biasanya tertutup kabut putih. Hamparan hutan yang hijau dengan kabut putih yang meliuk-liuk memenuhi permukaan sungai tentu saja menjadi pemandangan eksotik. Saat senja menjelang, pengunjung bisa menyaksikan sunset keemasan yang sangat indah.

Untuk berwisata di Kebun Buah Mangunan wisatawan cukup merogoh kocek Rp 5.000 per orang. Fasilitas yang ada di tempat ini antara lain camping ground, homestay, gardu pandang, gazebo, play ground yang dilengkapi kandang rusa, dan tempat pembibitan tanaman.

Lokasi dan Akses Menuju Kebun Buah Mangunan

Kebun buah ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Jarak dari pusat Kota Jogja sekitar 35 km. Untuk mencapai tempat ini wisatawan dapat menuju Terminal Giwangan. Dari terminal ambil jalan lurus ke Selatan (Jalan Imogiri Timur). Sesampainya di Imogiri ambil Jalur Imogiri – Dlingo. Dari situ silakan ikuti petunjuk arah yang telah tersedia.

Perjalanan dari Kota Jogja menuju Kebun Buah Mangunan menjanjikan pemandangan yang indah dan petualangan yang menarik. Dari Jogja hingga Imogiri wisatawan akan dimanja dengan hamparan sawah menghijau luas dan gugusan Pegunungan Sewu di sebelah timur. Dari Imogiri menuju Dlingo jalan mulai menanjak dan berkelok. Hamparan hutan pinus akan menjadi spot yang sayang dilewatkan untuk mengambil gambar.

Baca Juga …

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Jogja memiliki beragam destinasi wisata alam ramah anak, yang dapat menjadi pilihan sempurna bagi keluarga yang ingin...

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Tak jauh dari keramaian kota Yogyakarta, tersembunyi sebuah destinasi unik yang menggabungkan keindahan alam dan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.