Apa yang Anda bayangkan saat mendengar kata wisata alam di Jogja? Pantai Parangtritis? Kaliurang? Lava Tour Merapi? Atau yang lainnya? Sebenarnya terdapat banyak sekali objek wisata alam di Jogja dan banyak yang menjadi paket wisata Jogja. Setiap kawasan di Jogja memiliki “jagoannya” masing-masing. Seperti Bantul dengan Parangtritis, Kulonprogo dengan Kalibiru, Sleman dengan Kaliurang, dan Gunung Kidul dengan pantai-pantainya.

Khusus untuk Gunung Kidul, kabupaten ini memiliki banyak sekali objek wisata alam mulai dari pantai, gua alam, gunung purba, hingga air terjun. Hal yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah apa benar ada air terjun di Gunung Kidul yang terkenal dengan kekeringannya? Ya, kawasan ini memiliki beberapa air terjun dan yang paling terkenal adalah Air terjun Sri Gethuk.

Paket Wisata Sri Gethuk

Sri Gethuk bisa dikatakan sebagai air terjun paling terkenal di Jogja. Air terjun ini menjadi salah tujuan wisata utama di Gunung Kidul. Banyak turis baik dalam maupun luar Jogja yang datang ke tempat ini. Sebenarnya objek wisata ini sudah ada sejak lama tapi tidak banyak orang yang tahu. Setelah berkembangnya wisata di Gunung Kidul maka warga sekitar dan pemda mulai memperbaiki akses jalan dan fasilitas di kawasan wisata agar menarik pengunjung. Usaha mereka pun tidak sia-sia karena banyak orang yang berkunjung ke tempat ini.

Terdapat banyak hal yang menarik yang ada di kawasan wisata ini. Selain wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun alami, mereka juga bisa naik sebuah rakit atau perahu motor sederhana. Untuk sampai ke titik air terjun terdapat 2. Cara pertama adalah dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer dari parkiran kendaraan. Cara kedua dan yang paling disukai adalah dengan menaiki sebuah rakit yang siap mengantar wisatawan menuju ke air terjun.

Rakit inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama dari wisata ini. Dengan tarif Rp.10.000,00 untuk perjalanan pulang pergi maka wisatawan bisa menikmati suasana menyusuri sungai dengan memandangi pemandangan alam yang indah dan asri. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 5 menit dan setibanya di air terjun, wisatawan akan bisa menyaksikan pemandangan Sri Gethuk yang sangat indah.

Wisata Alam

Bagi yang ingin tiba di air terjun dengan jalan kaki juga tidak kalah seru. Walau jaraknya cukup jauh tapi wisatawan akan menikmati pemandangan yang indah seperti persawahan dan juga kebun warga sekitar. Perjalan pun menjadi tidak terasa jauh dan menjadi menyenangkan.

Berbagai macam hal bisa dilakukan di kawasan wisata ini. Selain bisa duduk bersantai dan menikmati pemandangan yang ada, pengunjung mengabadikan setiap momen yang ada saat berada di tempat ini. Mereka bisa mendekat ke air terjun dan bermain air serta merasakan percikan air. Dinginnya air akan membuat pengunjung betah bermain-main dan merasa segar.

 Bagi yang ingin merasakan sensasi river tubing atau susur sungai menggunakan ban bisa juga melakukannya di tempat ini. Pengelola objek wisata Sri Gethuk juga menyediakan kegiatan ini. Pengunjung akan diajak menyusuri aliran sungai dan menikmati sensasinya selama kegiatan tersebut. Selama susur sungai, peserta akan ditemani pemandu lokal yang siap membantu. Kegiatan ini wajib dicoba karena seru dan menyenangkan.

Singgah di Gua Rancang Kencono

Tidak jauh dari Air Terjun Sri Gethuk terdapat sebuah objek wisata yaitu Gua Rancang Kencono. Gua ini merupakan sebuah gua alami yang berumur ribuan tahun. Umumnya wisatawan akan singgah di tempat ini sebelum menuju Sri Gethuk. Lokasinya berada di dekat pintu masuk masuk kawasan wisata sehingga wajib untuk mampir.

Hal yang menarik di gua ini adalah terdapat sebuah pohon besar yang berdiri kokoh di depan pintu masuk gua. Untuk masuk ke gua wisatawan akan menuruni tangga dan akan menyaksikan sebuah betapa kokohnya pohon tersebut. Sesampainya di bawah, pengunjung akan menjumpai sebuah ruangan besar yang remang-remang. Bagi yang ingin susur gua terdapat jalan setapak yang sempit dan gelap. Gua ini diperkirakan tembus ke air terjun Sri Gethuk tapi sekarang sudah runtuh dan menjadi buntu.

Lokasi dan Rute Air Terjun Sri Gethuk

Sri Gethuk berlokasi di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju ke lokasi ini diperlukan waktu sekitar 1,5 jam memakai kendaraan bermotor dari Kota Jogja.  Bagi wisatawan yang ingin ke tempat jadi disarankan sewa motor atau mobil supaya lebih mudah. Transportasi umum ke kawasan ini tidak ada.

Untuk menuju ke Sri Gethuk tidaklah sulit. Anca cukup keluar dari Kota Jogja menuju Jl. Wonosari dan ikuti jalan hingga tiba di Pertigaan Gading (Playen). Kemudian belok kanan melewati Kecamatan Playen hingga terdapat pertigaan jalan menuju Desa Bleberan. Terdapat banyak petunjuk arah selama perjalanan. Supaya mempermudah perjalanan memanfaatkan aplikasi seperti google map atau sejenisnya.

Harga Tiket Air Terjun Sri Gethuk

Tiket masuk kawasan Sri Gethuk sebesar Rp.15.000,- per orang. Bagi yang ingin naik rakit akan dikenai biaya Rp.10.000,-. Sangat terjangkau bagi para wisatawan sehingga kawasan ini bisa menjadi pilihan paket wisata Jogja.

Fasilitas di Air Terjun Sri Gethuk

Walau dikelola oleh warga desa, fasilitas di kawasan ini cukup lengkap. Terdapat banyak toilet di tempat ini. Warung makan juga tersedia sehingga wisatawan yang kelelahan bisa beristirahat sejenak. Berbagai warung oleh-oleh juga tersedia.

Tips Wisata Air Terjun Sri Gethuk

  1. Sediakan baju basah untuk berjaga-jaga.
  2. Bawa alas kaki yang nyaman.
  3. Bawa pelindung kepala.
  4. Jika lelah bisa beristirahat sejenak di warung.
  5. Jaga kebersihan.