Tlogo Putri, Sejuknya Wisata Alam di Lereng Selatan Merapi

Tlogo Putri Kaliurang

Written by Didik Wahyudi

Tlogo Putri merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di kawasan Kaliurang. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa mencoba berbagai wahana permainan, melihat pertunjukan seni tiap hari minggu, atau trekking menyusuri jalan setapak di hutan.

Wisata Tlogo Putri – “Mana telaganya?” itulah kata-kata yang sering terlontar dari mulut wisatawan yang mengunjungi Tlogo Putri. Sebelum kecewa, sebaiknya Anda memahami satu hal ini. Tidak ada telaga atau danau di Tlogo Putri, yang ada di tempat itu adalah sebuah bendungan atau embung berukuran kecil yang biasa dijadikan sarana bermain kano maupun bebek air.

Meski tak bisa menemukan telaga, Anda tak perlu kecewa sebab tempat ini menyimpan banyak pesona. Di sekeliling bendungan tersebut terdapat arena bermain yang cukup menyenangkan dan dilengkapi berbagai wahana seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, hingga bianglala.

Wisata Tlogo Putri

Berada di lereng selatan Merapi dengan ketinggian 900 m dpl membuat udara di kawasan ini sejuk dan segar. Bahkan di waktu-waktu tertentu terbilang cukup dingin sehingga memaksa pengunjung untuk mengenakan jaket tebal. Memadukan konsep wisata alam dan wisata tirta, tempat ini layak dijadikan lokasi liburan keluarga.

Obyek wisata Tlogo Putri berada satu kompleks dengan Bukit Plawangan Turgo. Sebelum erupsi Merapi tahun 2010, bukit ini berupa hutan yang cukup lebat dan menjadi habitat monyet serta elang jawa. Meski kondisi saat ini belum sepenuhnya pulih, Bukit Plawangan Turgo cukup menarik untuk dijadikan lokasi trekking.

Hal-hal Menarik di Kawasan Tlogo Putri

  • Di Tlogo Putri terdapat sebuah panggung hiburan. Setiap minggunya akan ada grup seni baik seni tradisional maupun orkes dangdut yang pentas di panggung tersebut. Wisatawan yang akan menyaksikan pertunjukan ini tanpa harus membayar.
  • Bagi penggemar wisata kuliner, di kawasan sekitar Tlogo Putri terdapat banyak warung yang menjajakan aneka kuliner khas Kaliurang seperti jadah tempe, sate kelinci, hingga tongseng kopyok kelinci.
  • Bagi penggemar kegiatan outdoor, Anda bisa trekking menyusuri jalan setapak memasuki hutan dan mengunjungi Air Terjun Tlogo Muncar serta Watu Kemloso.
  • Kawasan Tlogo Putri juga menjadi basecamp operator Merapi Lava Tour. Jadi jika ingin berwisata menyusuri sisa-sisa erupsi Merapi menggunakan jeep willys silahkan datang ke Tlogo Putri.

Lokasi Tlogo Putri

Tlogo Putri terletak di Kaliurang, tepatnya di kawasan Terminal Kaliurang. Dari pusat Kota Yogyakarta tempat ini Anda bisa menempuhnya sekitar 30 menit berkendara ke arah utara. Sangat cocok untuk dijadikan salah satu pilihan destinasi paket wisata Jogja.

Baca Juga …

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Jogja memiliki beragam destinasi wisata alam ramah anak, yang dapat menjadi pilihan sempurna bagi keluarga yang ingin...

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Tak jauh dari keramaian kota Yogyakarta, tersembunyi sebuah destinasi unik yang menggabungkan keindahan alam dan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.