Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Wisata Jogja Ramah Anak

Written by Didik Wahyudi

Jogja memiliki beragam destinasi wisata alam ramah anak, yang dapat menjadi pilihan sempurna bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama. Jika Anda datang bersama Paket Wisata Jogja, mungkin pihak EO akan membantu menentukan wisata mana saja. Namun, jika Anda menyusun sendiri, berikut Njogja berikan rekomendasinya. Dari pantai yang eksotis hingga kebun teh yang sejuk, Jogja menawarkan pengalaman tak terlupakan untuk semua anggota keluarga. Berikut adalah beberapa destinasi wisata alam Jogja ramah anak yang bisa Anda kunjungi:

Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang berada di kaki Gunung Merapi sehingga membuatnya sangat sejuk dan asri. Kaliurang memiliki daya tarik utama berupa keindahan alam dan beragam aktivitas menarik bagi pengunjung dari segala usia. Selain itu, Kaliurang juga dikenal sebagai destinasi yang ramah bagi keluarga dengan anak-anak, karena memiliki berbagai jenis wisata alam yang cocok untuk mereka.

Beberapa jenis wisata alam ramah anak di Kaliurang meliputi:

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi adalah pengalaman petualangan yang mengajak para pengunjung untuk menjelajahi keindahan alam Gunung Merapi menggunakan jeep khusus. Aktivitas ini membawa Anda melintasi jalur-jalur yang pernah dilalui oleh aliran lava dari erupsi-erupsi Gunung Merapi sebelumnya. Lava Tour Merapi memberikan peluang untuk belajar tentang geologi dan efek erupsi gunung berapi sambil merasakan sensasi petualangan yang unik. 

Tlogo Putri

Tlogo Putri adalah danau buatan yang menawarkan pesona alam yang menenangkan di tengah lingkungan Kaliurang. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana damai dan keindahan pemandangan sekitar. Tlogo Putri juga sering menjadi tempat untuk pertunjukan seni dan aktivitas lainnya di akhir pekan. Bagi anak-anak, danau ini memberikan tempat bermain yang aman sambil menyerap energi positif dari alam sekitar.

Air Terjun Muncar

Air Terjun Muncar adalah salah satu tujuan wisata alam yang populer di Kaliurang. Wisata alam Jogja ramah anak ini memiliki keunikan dengan tinggi yang tidak terlalu tinggi namun sangat menawan. Anak-anak dapat bermain air di kolam yang terbentuk di bawah air terjun, sambil mengagumi keindahan aliran air dan alam sekitar. Suara gemericik air dan suasana alam yang segar menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Kaliurang Park Botanical Garden

Kaliurang Park Botanical Garden adalah taman botani yang memukau dengan koleksi beragam tumbuhan dan flora eksotis. Mereka dapat menjelajahi jalur-jalur taman yang dirancang dengan baik sambil mengamati keindahan alam. Selain edukatif, Kaliurang Park Botanical Garden juga menyediakan wahana seru seperti perosotan pelangi.

Wisata Pantai Bantul

Pantai Depok Jogja

Kabupaten Bantul, yang terletak di bagian selatan Yogyakarta, memiliki sejumlah pantai yang memikat dengan keindahan alamnya. Tempat ini menjadi surga bagi para pencinta pantai dan keluarga yang ingin menikmati liburan yang menyegarkan. Berikut daftar pantai yang cocok untuk anak-anak:

Pantai Parangtritis

Pantai yang berada di Bantul ini menawarkan pasir hitam dengan garis pantai yang panjang dan luas. Pantai ini memiliki ombak besar, sehingga wisatawan dilarang berenang. Tapi, anak-anak bisa bermain pasir, membangun istana pasir, naik delman atau naik ATV. Rasanya tak lengkap jika ke Jogja namun tidak mengujungi Pantai Parangtritis

Pantai Depok

Pantai Depok memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai lainnya di Bantul. Di sini, Anda dapat menemukan perahu-perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai, menciptakan pemandangan yang unik. Pantai ini memiliki ombak yang besar. Tapi, di sini lokasinya sangat pas untuk menikmati keindahan pantai sambil menyantap kuliner seafood segar.

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara memiliki nuansa yang lebih sepi dan sunyi. Di sini, Anda akan menemukan pepohonan cemara yang memberikan keteduhan. Wisata alam Jogja ramah anak ini cocok untuk keluarga yang mencari ketenangan dan relaksasi. Menariknya, di pantai ini terdapat konservasi penyu yang pasti membuat anak-anak suka.

Naik Jeep Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat yang populer dengan hamparan padang pasir seperti di Gurun Sahara. Area gumuk pasir sangat luas sekali dan Anda bisa menaiki jeep yang disediakan oleh pengelola untuk berkeliling di gumuk pasir. Anak-anak pasti menyukainya.

Wisata Pantai Gunungkidul

Lokasi Pantai ngitun / ngetun

Kabupaten Gunungkidul adalah surganya pantai-pantai yang menakjubkan. Tempat ini menawarkan pilihan destinasi liburan yang sempurna untuk keluarga yang mencari petualangan dan keindahan alam. Pantai-pantai di Gunungkidul tidak hanya indah tetapi juga ramah anak. Beberapa di antaranya adalah:

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah pantai yang memukau dengan pasir putih lembut dan air laut yang jernih. Di sini, anak-anak dapat bermain pasir, berenang, atau sekadar bersantai di tepi pantai. Pantai ini juga dikenal sebagai tempat yang cocok untuk menikmati makanan laut segar yang lezat.

Pantai Baron

Pantai Baron memiliki keunikan dengan adanya muara sungai yang mengalir ke laut. Anak-anak dapat menikmati bermain di muara sungai yang dangkal. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang luas dan ombak yang menyenangkan.

Pantai Kukup

Pantai Kukup adalah surga bagi pecinta alam bawah laut. Pantai ini memiliki terumbu karang yang indah dan banyak biota laut yang menakjubkan. Snorkeling adalah salah satu aktivitas yang populer di sini, memberikan pengalaman mendalam bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan kehidupan laut. Ombaknya juga tenang sehingga cocok untuk bermain dan berenang.

Pantai Siung

Pantai Siung adalah destinasi yang menawarkan pemandangan spektakuler dan suasana yang berbeda. Di tempat wisata alam Jogja ramah anak ini anak-anak bisa bermain, berenang atau bahkan menaiki kano yang disediakan warga lokal.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal menawarkan pemandangan menakjubkan dengan dua buah pantai yang dipisahkan oleh tebing. Anak-anak dapat bermain air di pantai pasir putih yang luas atau menjelajahi keindahan alam sekitar. Pantai ini cocok untuk piknik keluarga dan menikmati keindahan pantai yang eksotis.

Wisata Hutan Pinus dan Kebun Teh

Kebun Buah Mangunan

Hutan pinus adalah surganya alam yang menawarkan ketenangan dan keindahan yang tiada tara. Hutan pinus merupakan destinasi wisata alam yang populer bagi keluarga. Terutama yang ingin melarikan diri dari kepenatan kota dan menikmati suasana yang lebih alami. Anak-anak juga pasti menyukainya karena suasananya sejuk dan nyaman.

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger adalah destinasi yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian. Dengan suasana yang sejuk dan hijau, tempat ini adalah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan santai. Anda juga bisa bersantai di bawah naungan pepohonan pinus yang rindang.

Puncak Becici

Puncak Becici adalah bukit yang memiliki hutan pinus yang menakjubkan. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan spektakuler dari ketinggian, melihat lembah yang indah dan kejernihan udara yang menyegarkan. Terutama saat matahari terbit atau terbenam, Puncak Becici menciptakan momen magis yang akan dikenang selamanya.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan juga menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang menawan. Dikelilingi oleh perbukitan tempat ini memberikan suasana yang sejuk dan hijau. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan golden sunrise dan awan yang membuat tempat ini seperti negeri di atas awan.

Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Suasana yang tenang dan segar membuatnya menjadi tempat yang populer bagi keluarga yang ingin melepaskan diri dari hiruk-pikuk kota.

Wisata Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo adalah surga alam di tengah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata alam Jogja ramah anak ini menjadi magnet bagi para pencari ketenangan dan keindahan. Terletak di dataran tinggi, kebun teh ini menawarkan pemandangan yang memesona dan udara yang sejuk yang memukau setiap pengunjung. Anak-anak juga akan menyukainya.

Jadi, jika Anda merencanakan liburan menyenangkan serta penuh petualangan bersama anak, wisata alam Jogja ramah anak di atas adalah jawabannya. Dari pantai eksotis hingga kebun teh yang menyejukkan, Jogja akan membawa kesenangan dan keajaiban bagi semua anggota keluarga. Namun, jika Anda ingin anak Anda lebih kenal dengan wisata sejarah, Anda bisa berkunjung ke Museum Sonobudoyo dan museum – museum sekitaran kota.

Baca Juga …

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Tak jauh dari keramaian kota Yogyakarta, tersembunyi sebuah destinasi unik yang menggabungkan keindahan alam dan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

Asram Edupark Jogja

Asram Edupark Jogja

Berlibur di Jogja selalu menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan yang mencari pengalaman yang berbeda. Tak hanya...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.