Wisata Alam Jogja Untuk Liburan Keluarga

Liburan Keluarga Jogja

Written by Didik Wahyudi

Jogja, selain terkenal dengan budayanya, juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang cocok untuk liburan keluarga. Ada banyak sekali destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Salah satunya adalah destinasi wisata alam Jogja untuk liburan keluarga. Berikut adalah beberapa destinasi wisata alam di Jogja yang ideal untuk dinikmati bersama keluarga:

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah surga bagi para pecinta pantai. Dengan hamparan pantai berpasir hitam yang meluas serta ombak yang besar, pantai ini memancarkan keeksotisan yang memukau. Keluarga dapat menikmati momen berjalan di sepanjang garis pantai yang luas dan bermain-main dengan pasir.

Bahkan, Anda dan keluarga bisa merasakan keunikan naik delman tradisional yang melambangkan nuansa khas Jogja. Pemandangan laut yang menghampar luas dan suara ombak berirama akan membuat Anda merasa seperti menjalani petualangan pantai yang tak terlupakan.

2. Kebun Buah Mangunan

Jika Anda ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk kota dan merasakan kedamaian alam, Kebun Buah Mangunan adalah tempat yang sempurna. Di tengah-tengah pepohonan rimbun yang teduh, Anda akan dihadapkan pada pemandangan perbukitan yang menakjubkan. 

Namun, keajaiban tidak berakhir di sini. Kebun Buah Mangunan juga dikenal sebagai tempat di mana Anda dapat menyaksikan golden sunrise yang memukau. Awan yang terbang rendah menciptakan suasana seperti negeri di atas awan. Ini adalah pengalaman alam yang mempesona dan memberikan momen yang sulit dilupakan bagi keluarga Anda.

3. Bukit Bintang

Bagi para pecinta astronomi dan keindahan langit malam, Bukit Bintang adalah pilihan yang sempurna. Tempat ini menawarkan pandangan yang memukau ke langit yang penuh dengan bintang dan keindahan alam semesta. 

Dari puncak bukit, Anda akan merasa seakan di dalam pelukan langit malam yang begitu indah dan damai. Wisata alam Jogja untuk liburan keluarga ini adalah tempat yang ideal untuk bersantai dengan keluarga. Anda bisa mengamati bintang-bintang yang berkilauan, dan menghargai keajaiban alam yang tak terbatas di atas kepala kita. 

Pemandangan city light kota Jogja malam hari dari sini juga mengagumkan. Semuanya bisa Anda nikmati sambil makan malam bersama keluarga dengan menu khas dan harga terjangkau.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk adalah permata alam di Gunung Kidul yang memukau dengan keindahan alirannya yang mengejar bebatuan. Aliran air terjun ini membentuk panorama air terjun yang spektakuler. 

Terletak di area yang dikelilingi oleh tebing-tebing batu, air terjun ini menciptakan suasana yang sejuk dan menenangkan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah air terjun, berenang di kolam alami, atau menjelajahi area sekitar yang dipenuhi dengan keindahan alam.

5. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu destinasi pantai yang populer di Gunung Kidul. Indrayanti dikenal karena pasir putih yang lembut dan laut biru yang tenang. Pantai ini juga menciptakan suasana yang menenangkan dan mengundang pengunjung untuk bersantai. 

Selain berenang dan berjemur di pantai, Anda juga dapat menikmati kuliner laut segar di warung-warung pantai yang berjejer. Pantai Indrayanti adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, menikmati liburan, dan memanjakan diri dengan pemandangan yang indah.

Wisata Alam Keluarga Jogja

6. Jeep Lava Tour Merapi

Jeep Lava Tour Merapi adalah pengalaman petualangan yang tak terlupakan di lereng Gunung Merapi. Mengendarai jeep yang tangguh, Anda akan melintasi jalur yang penuh tantangan, melewati sungai dan jalan bekas erupsi lainnya.

Sopir berpengalaman akan membawa Anda menjelajahi medan yang unik sambil menjelaskan sejarah geologis gunung api ini. Aktivitas di wisata alam Jogja untuk liburan keluarga ini sangat cocok untuk yang ingin merasakan sensasi petualangan berbeda. Anda dan keluarga juga akan diajak mengunjungi Bunker Kaliadem dan Museum Sisa Hartaku.

7. HeHa Sky View

HeHa Sky View adalah destinasi yang sempurna bagi mereka yang ingin menikmati panorama kota Jogja dari ketinggian. Dengan fasilitas yang terletak di atas bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari lanskap urban Jogja. 

Di sini, Anda dan keluarga dapat menyaksikan keindahan mata matahari terbit atau terbenam di atas kota. Tentunya, Anda juga dapat meresapi pemandangan malam yang bercahaya sambil ditemani hidangan malam yang sempurna. HeHa Sky View adalah tempat yang ideal untuk mengabadikan momen tak terlupakan dengan pemandangan kota yang megah. Heha Sky View juga termasuk ke dalam destinasi wisata malam di Jogja.

8. HeHa Ocean View

HeHa Ocean View adalah destinasi impian bagi pecinta laut dan pemandangan pantai yang memesona. Terletak di bibir pantai, tempat ini menawarkan pemandangan laut yang membiru dengan panorama ombak yang tenang atau mendalam. 

Pengunjung dapat bersantai di tepi laut, mendengarkan deburan ombak yang menenangkan, dan mengambil napas dalam panorama alam yang megah. HeHa Ocean View memungkinkan Anda untuk merasakan kedamaian lautan dan merenung di bawah langit terbuka. Tenang, fasilitas di tempat ini sangat lengkap sehingga akan membuat keluarga merasa nyaman.

9. Goa Pindul

Goa Pindul adalah destinasi petualangan yang unik dan menarik di Jogja. Pengunjung diajak untuk menjelajahi goa dengan menggunakan ban pelampung, mengikuti aliran sungai bawah tanah yang mengalir di dalamnya. Dalam kegelapan goa, Anda akan disuguhi stalaktit dan stalagmit yang indah. 

Pengalaman ini tidak hanya mendebarkan, tetapi juga memberikan wawasan tentang keajaiban alam bawah tanah. Goa Pindul adalah tempat yang menawarkan petualangan seru dan pembelajaran, menciptakan momen yang tak terlupakan bagi pengunjung.

10. Sungai Mudal

Wisata alam Jogja untuk liburan keluarga berikutnya adalah Sungai Mudal. Sungai Mudal adalah permata alam yang mempesona di daerah Jogja. Dengan air yang jernih dan aliran yang tenang, sungai ini menawarkan pengalaman yang menenangkan bagi para pengunjung. 

Bersantai dan berenang adalah aktivitas yang seru sekaligus mengasyikkan. Anda dan keluarga juga dapat merasakan kedamaian alam dan menikmati pemandangan hijau di sekitar. Sungai Mudal adalah tempat yang ideal untuk bersantai, bermain air, atau hanya menikmati kesunyian yang hanya bisa ditemukan di alam.

11. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut adalah destinasi yang menghadirkan keindahan alam di lereng gunung. Dengan ketinggian sekitar 10 meter, air terjun ini menciptakan suasana yang menakjubkan. 

Pengunjung dapat merasakan semburan air segar dan mengagumi pemandangan indah di sekitar. Terletak di tengah-tengah tebing yang alami, Air Terjun Kedung Pedut adalah tempat yang cocok untuk berfoto dan bersantai bersama keluarga. Tentu saja, Anda dan keluarga juga bisa berenang di kolam air yang terbentuk di bawah air terjun.

12. Tumpeng Menoreh

Restoran Tumpeng Menoreh adalah tempat di mana Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati panorama alam yang indah. Dengan pemandangan pegunungan dan hijaunya alam sekitar, restoran ini menciptakan suasana yang menenangkan. 

Menikmati hidangan di bawah langit terbuka sambil mengagumi keindahan alam adalah pengalaman yang tak terlupakan. Resto dengan view alam ini adalah tempat yang sempurna untuk merayakan kuliner dan keindahan alam sekaligus.

Salah satu yang paling spektakuler di sini adalah pemandangan golden sunrise di pagi hari. Sunrise di sini sangat istimewa dan memesona. Selain itu, Anda bisa menaiki kereta listrik atau lift untuk menuju puncak Tumpeng Menoreh.

Jadikan momen bersama keluarga semakin berarti dengan menjelajahi keindahan wisata alam Jogja untuk liburan keluarga. Tempat wisata di atas tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah, tetapi juga membangun kenangan abadi yang akan dikenang bersama selamanya.

Baca Juga …

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Jogja memiliki beragam destinasi wisata alam ramah anak, yang dapat menjadi pilihan sempurna bagi keluarga yang ingin...

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Tak jauh dari keramaian kota Yogyakarta, tersembunyi sebuah destinasi unik yang menggabungkan keindahan alam dan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.