Berwisata di Candi Pendem

Wisata Candi Pendem – Kompleks Candi Sengi tersusun dari tiga buah candi yang lokasinya saling dekat. Di mana ada tiga yang ada di Kompleks Candi Sengi. Ketiga candi tersebut adalah Candi Asu, Candi Pendem, dan Candi Lumbung. Candi Asu dan Pendem persisnya berada di Dusun Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun. Sementara Candi Lumbung bertempat di Dusun Tlatar, Kel. Krogowanan, Kec. Sawangan. Ketiganya ini bertempat di Kab. Magelang. Lokasi ini termasuk ke dalam jalur Solo-Selo-Borobudur.

Ketiga Candi ini bertempat di lereng Gunung Merapi arah barat pada ketinggian kisaran kurang lebih 650 MDPL. Di dekat dari ketiga candi ini ada aliran Sungai Pabelan dan Sungai Trinsing yang mana hulunya berada di puncak dari Gunung Merapi. Sungai ini alirannya pergi ke sisi Barat dan bertemu di dekat dari Candi Lumbung.

Untuk bisa pergi ketiga candi ini, dapat mengambil jalur menuju Karang Talun dari Kota Muntilan ke sisi utara kisaran kurang lebih 6 km. Jalan ini juga akan melalui pos Pengamatan Babadan. Sesudah sampai di perempatan lalu belok ke kanan masuk ke dalam jalan aspal yang terhubung Desa Tlatar dan Desa Ampel.

3 Candi yang Terhubung

Dilihat dari sisi arsitektur, ketiga Candi ini masuk ke dalam masa sejarah Jawa Tengah. Masa pembangunan candi bisa dikaitkan dengan prasasti yang ada. Prasasti yang ada di daerah ini yakni Prasasti Sri Manggala II, Kurambitan I dan Kurambitan II. Ketiganya menyebut tentang tempat Dharmma di Salingsingan. Prasasti lain yang mana mengatakan tentang Dharmma di Salingsingan Adalah Prasasti Salingsingan, namun tidak dipahami daerah asal dari penemunya.

Prasasti Salingsingan yang mamiliki angka tahun 802 Saka atau 880 Masehi isinya tentang danan Kebaktian dari Sri Maharaja Rakai Kayuwangi ke Bhatara di Salingsingan. Sementara prasasti Sri Manggala II, Kurambitan I dan Kurambitan II isinya tentang Sang Pamgat Hino Pu Apus yang memberikan ketetapan Dharmmanya di Salingsingan.

Di tahun 880 M. Raja yang memerintah dari kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah ialah Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala. Hal itu berdasarkan pada Prasasti Wanua Tengah III. Pada prasasti yang ada di Candi Pendem ini terdapat urutan dari raja-raja yang berkuasa di Kerajaan Mataram Kuno beserta dengan masa pemerintahannya.

Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala adalah raja kerajaan Mataram Kuno yang ke 8 di mana memerintah pada tahun 855-885 M. Didasarkan pada data-data di atas, bahwa dapat diambil kemungkinan bahwa tiga candi yang ada di Kompleks Candi Sengi dibangu pada masa pemerintahan dari Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala.

Situs Pendem, Salah Satu Candi yang Wajib Dikunjungi

Artikel kali ini akan lebih berfokus pada Situs Candi Pendem. Wisata Situs Pendem di Sengi Magelang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang bertempat di desa sengi, kecamatan dukun, kabupaten magelang, provinsi jawa tengah. Wisata Situs Pendem di Sengi Magelang Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang cukup ramai wisatawan pada hari-hari biasa atau hari liburan. 

Tempat ini begitu indah dan dapat memberikan sensasi yang sangat berbeda dengan kegiatan anda sehari hari.Wisata situs Pendem di Sengi Magelang Jawa Tengah mempunyai pesona keindahan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Begitu disayangkan apabila anda bertempat di kota magelang tidak mengunjungi wisata sejarah yang memiliki keindahan yang tiada duanya ini.

Wisata Situs Pendem di Sengi ini begitu cocok untuk dijadikan pengisi kegiatan hari libur anda, terutama ketika menjalani liburan panjang seperti libur nasional, atau hari libur yang lain. Keindahan dari Wisata Situs Pendem di Sengi ini cukup baik untuk anda semua yang bertempat di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Situs Pendem di Sengi 

Daya Tarik

Wisata Candi Pendem di Sengi Magelang Jawa Tengah ialah tempat wisata yang wajib anda kunjungi sebab pesona keindahannya ini tak ada duanya. Penduduk lokal daerah Sengi ini begitu ramah terhadap wisatawan lokal atau wisatawan asing.

Kota Magelang sendiri juga terkenal dengan keindahan obyek wisatanya. Salah satu contohnya yakni Wisata Situs Pendem di Sengi Magelang Jawa Tengah ini. Wisata Candi Pendem di Sengi Magelang Jawa Tengah ialah termasuk suatu wisata sejarah. Candi ini adalah bukti sejarah dari peninggalan Agama Hindu. Objek wisata Situs Pendem tersebut bertempat di sekitar lahan pertanian milik warga masyarakat sekitar. Untuk menuju lokasi Situs Pendem mungkin cukup sulit untuk diakses.

Baca juga:

Wisata Malam Jogja

Akses Menuju Ke Lokasi

Akses Jalan untuk pergi ke Candi ini yang hanya bisa ditempuh melalui hamparan sawah milik lahan pertanian dari warga sekitar. Lokasi dari Situs Pendem bertempat di Dusun Candi Pos Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Objek wisata ini dikelilingi oleh pagar pembatas sehingga bisa menjadikan patokan untuk pengunjung yang datang menuju ke lokasi candi ini.

Sesuai dengan nama dari candi ini, Situs Pendem mempunyai arti dari bahasa jawa yaitu Pendem berarti candi terpendam di bawah tanah. Hal ini bisa Anda lihat di lokasi Candi yang bertempat di bawah tanah sekitar 3 meter dari permukaan lahan pertanian milik warga sekitar. Akan tetapi candi ini tidak pernah terendam air apabila sedang musim hujan tiba. Ini karena adanya saluran berbentuk pembuangan air yang ada di lokasi candi ini.

Sejarah penemuan dari Situs Pendem ini tak begitu banyak yang paham bahkan oleh warga sekitar. Kemungkinan pada zaman dahulu ini, candi tersebut secara tak sengaja ketemu oleh seorang petani yang sedang mencangkul lahan pertaniannya di sekitar. Situs Pendem sendiri masuk ke dalam candi Hindu dengan relief gana pada salah satu bagiannya dari bangunan Candi.

Situs pendem cuma menyisakan bagian–bagian dari pondasinya saja sementara pada bagian-bagian lain termasuk juga bagian atap candi sudah tak bisa ditemukan. Ukuran dari Situs Pendem ini berkisar kurang lebih 12 meter persegi.

Fasilitas

Wisata Situs Pendem di Sengi Magelang Jawa Tengah dapat dikatakan suatu wisata sejarah yang mempunyai beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya:

  • Area Parkir untuk kendaraan
  • Mushala
  • Kamar mandi 
  • Losmen, Homestay dan penginapan lain
  • serta masih banyak yang lain

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Candi Pendem di Sengi Magelang Jawa Tengah. Pertama Anda harus mempersiapkan kebutuhan yang akan diperlukan. Serta beberapa barang tambahan lain seperti kamera sebab anda tentu ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau teman–teman anda.

Dan jangan lupa untuk membawa perlengkapan kesehatan (contohnya yaitu sabun, tissue basah, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan juga kendaraan anda agar liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati–hati.

Untuk itu, berkunjung ke sini merupakan sebuah pilihan yang cukup bagus mengingat apa yang ada di sini seperti membawa ke wisata masa lampau. Makanya segera tentukan jadwal untuk berkunjung ke Candi Pendem. Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan paket wisata Jogja khusus candi-candi di Magelang,

Baca Juga …

Candi Dekat Pusat Kota Jogja

Candi Dekat Pusat Kota Jogja

Kota Yogyakarta, dengan segala kekayaan budayanya, telah lama menjadi destinasi unggulan para wisatawan yang ingin...

Candi Plaosan Jogja

Candi Plaosan Jogja

Candi Plaosan Jogja adalah candi yang memiliki sejarah yang kaya dan menggambarkan perpaduan antara dua agama besar....

Candi Kalasan Jogja

Candi Kalasan Jogja

Selain spot foto candi Prambanan, jika Anda ingin hunting foto, candi yang satu ini bisa jadi alternatif. Candi...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.