Rekomendasi Wisata Candi Aesthetic Cocok Untuk Photoshoot di Jogja

Candi Prambanan

Written by Didik Wahyudi

Selain terkenal dengan keraton, Jogja juga memiliki sejumlah candi-candi yang memukau dan cocok untuk melakukan sesi photoshoot dengan konsep aesthetic. Jika Anda sedang mencari lokasi wisata yang indah untuk photoshoot dengan sentuhan sejarah Jogja adalah tempatnya. Ada banyak candi yang aesthetic di Jogja yang sering menjadi lokasi untuk sesi photoshoot.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Tidak ada daftar candi di Jogja yang lengkap tanpa menyebutkan Candi Borobudur. Ya, meskipun letaknya tidak di Jogja namun di Magelang. Candi ini adalah salah satu candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi ikon dari kekayaan budaya Indonesia. Dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra, Candi Borobudur memiliki arsitektur yang megah.

Candi ini juga memiliki relief-relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha dan ajaran-ajaran spiritual. Bentuk stupa dan pagoda yang menjulang tinggi menjadikan Candi Borobudur sebagai latar yang sempurna untuk sesi photoshoot aesthetic yang berkesan.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang berada di Sleman, Yogyakarta. Candi ini adalah candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk daftar warisan dunia UNESCO. Dengan arsitektur yang anggun dan ciri khas relief-relief epik, Candi Prambanan menawarkan latar belakang yang spektakuler untuk sesi photoshoot Anda. 

Candi utama dalam kompleks ini adalah candi Siwa yang tingginya mencapai 47 meter. Candi ini menjulang kokoh di tengah kompleks candi yang lebih kecil di sekitarnya dan sering menjadi latar untuk berfoto. Selain itu, suasana magis Candi Prambanan akan memberikan nuansa dramatis pada setiap foto. Harga Tiket Masuk Prambanan 2023 juga tergolong murah.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah tempat yang cocok untuk menggabungkan keindahan candi dengan pemandangan indah. Candi ini terletak di atas bukit dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, pemandangan dari atas candi ini begitu memesona dan menjadi salah satu candi yang aesthetic di Jogja.

Candi Ratu Boko juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa indah. Dengan langit senja yang berwarna-warni dan latar belakang candi yang memukau, tempat ini adalah destinasi photoshoot yang sempurna. Tidak sedikit yang mengadakan foto prewedding di sini karena atmosfernya yang romantis dan estetik.

Candi Plaosan

Candi Plaosan

Candi Plaosan lebih tepatnya berada di Klaten, Jawa Tengah. Tapi, letaknya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan. Candi Plaosan adalah kompleks candi Buddha yang terdiri dari dua bagian, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Terletak di sisi yang berbeda dari Sungai Elo, candi ini menampilkan ornamen-ornamen yang indah dan mengesankan. 

Plaosan Lor memiliki lebih banyak candi daripada Plaosan Kidul, dan keduanya memiliki detail arsitektur yang menarik. Dengan latar belakang candi yang mempesona, photoshoot di Candi Plaosan akan menghasilkan gambar-gambar yang unik dan menawan.

Candi Ijo

Candi Ijo

Candi Ijo adalah candi Hindu yang terletak di atas bukit dengan pemandangan yang menakjubkan. Letak candi ini masih berdekatan dengan Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Dengan lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut, tempat ini menyajikan panorama alam yang memesona. 

Pemandangan matahari terbit atau terbenam di Candi Ijo adalah momen yang sempurna untuk diabadikan dalam sebuah photoshoot. Konsep aesthetic akan terwujud dengan indah di antara latar belakang alam dan struktur candi yang kuat.

Candi Banyunibo

Candi Banyudibyo

Candi Banyunibo adalah tempat yang sempurna untuk photoshoot dengan sentuhan alam yang tenang. Terletak tidak jauh dari Sungai Opak, candi ini menawarkan pemandangan yang indah dan damai. 

Lingkungan alam yang asri dan dekat dengan air sungai memberikan nuansa yang berbeda dalam sesi photoshoot Anda. Ornamen-ornamen candi yang megah akan memberikan tambahan nilai estetik pada gambar-gambar Anda.

Candi Kalasan

Candi Kalasan

Candi yang aesthetic di Jogja berikutnya adalah Candi Kalasan. Candi Kalasan adalah perpaduan harmonis antara arsitektur Hindu dan Buddha, dengan bentuk yang elegan dan ornamen yang indah. Candi Kalasan adalah candi Buddha tertua yang berada di Yogyakarta.

Candi ini memiliki makna sejarah khusus karena didirikan untuk memperingati kelahiran putri Raja Rakai Pikatan. Dengan langit biru sebagai latar belakang, photoshoot di Candi Kalasan akan memberikan nuansa yang klasik dan estetik yang menawan.

Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah sebuah kompleks candi Hindu yang memiliki daya tarik estetik unik. Lokasinya yang terletak di bawah tanah memberikan nuansa misterius dan berbeda dari candi-candi pada umumnya. 

Ditemukan pada tahun 1966, candi ini memiliki arsitektur yang menarik dan dihiasi dengan relief-relief yang menceritakan cerita dari epik Hindu. Lingkungan yang tertutup dan alami di sekitar candi menciptakan suasana yang cocok untuk photoshoot dengan konsep yang berbeda dan eksentrik.

Candi Sewu

Candi Sewu adalah kompleks candi Buddha yang menakjubkan. Terdapat lebih dari 2.000 candi kecil yang membentuk sebuah lingkaran di sekitar candi utama. Dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra, candi ini menawarkan latar belakang yang memukau untuk sesi photoshoot. 

Ruang-ruang terbuka di tengah candi-candi kecil dan ornamen-ornamen yang khas memberikan nuansa artistik yang kuat. Photoshoot di Candi Sewu akan memberikan kesan tentang skala dan keindahan kompleks candi yang megah.

Candi Kedulan

Candi Kedulan adalah candi Buddha yang memiliki pesona khusus dengan satu candi utama yang terbuat dari batu andesit. Meskipun lebih kecil dalam skala dibandingkan dengan beberapa candi lainnya, Candi Kedulan memiliki daya tarik estetik yang tak terbantahkan. Arsitektur yang sederhana namun megah, serta lingkungan alam yang menyejukkan, menciptakan suasana yang sempurna untuk photoshoot yang elegan dan berkelas.

Candi Mendut

Candi Mendut

Terakhir di daftar candi yang aesthetic di Jogja adalah Candi Mendut. Candi Mendut adalah candi Buddha yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini juga dibangun oleh wangsa Sailendra pada abad ke-9 dan memiliki arsitektur yang khas. Candi Mendut menampung patung Buddha yang besar di dalamnya, bersama dengan relief-relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha. 

Candi ini juga memiliki makna religius dan spiritual, dan sering kali dijadikan tempat ziarah bagi para penganut agama Buddha. Kombinasi antara kedalaman makna religius dan keindahan seni arsitektur menjadikan Candi Mendut sebagai tempat yang berharga dalam warisan budaya Indonesia.

Setiap candi di Jogja memiliki keunikan dan pesona estetiknya sendiri. Banyak fotografer dan wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut untuk sesi photoshoot. Dengan latar belakang sejarah dan budaya, wisata candi aesthetic di Jogja akan memberikan hasil photoshoot yang memukau dan penuh makna.

Baca Juga …

Candi Dekat Pusat Kota Jogja

Candi Dekat Pusat Kota Jogja

Kota Yogyakarta, dengan segala kekayaan budayanya, telah lama menjadi destinasi unggulan para wisatawan yang ingin...

Candi Plaosan Jogja

Candi Plaosan Jogja

Candi Plaosan Jogja adalah candi yang memiliki sejarah yang kaya dan menggambarkan perpaduan antara dua agama besar....

Candi Kalasan Jogja

Candi Kalasan Jogja

Selain spot foto candi Prambanan, jika Anda ingin hunting foto, candi yang satu ini bisa jadi alternatif. Candi...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.