10 Tempat Makan Dekat Malioboro

Tempat Makan Jogja

Written by Didik Wahyudi

Menikmati perjalanan wisata kuliner di Yogyakarta adalah sebuah pengalaman yang begitu mengasyikkan dan memikat. Selain berburu tempat makan populer di Jogja, kita juga dapat merasakan kenikmatan kuliner yang tersembunyi di sekitar Malioboro. Ada cukup banyak jenis kuliner dan tempat makan dekat Malioboro yang dapat Anda kunjungi. Artikel ini akan sangat membantu jika Anda tidak menggunakan Paket Wisata Jogja Terbaik dan lebih memilih untuk menyusun semuanya sendiri. 

10 Tempat Makan Dekat Malioboro

Berikut daftar 10 destinasi wisata kuliner yang berada dekat dengan Malioboro Jogja:

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Bertualang dalam daftar ini, Gudeg Yu Djum menjadi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan. Mengunjungi Yogyakarta tanpa merasakan kenikmatan gudeg, sajian khas daerah ini, adalah seperti melewatkan potongan penting dari kebudayaan kuliner. Keistimewaan Gudeg Yu Djum terletak pada metode pengolahannya yang masih menggunakan tungku dan kayu bakar. Ini menciptakan cita rasa otentik yang jarang ditemukan.

Gudeg kering yang dihidangkan disertai dengan berbagai lauk seperti ayam, daging, telur, ampela ati, dan sambal krecek. Campuran ini membawa harmoni dalam setiap suapan, menggugah selera dan memberikan sensasi yang tidak terlupakan. Anda dapat menjumpai Gudeg Yu Djum dengan mudah di Jalan Dagen No. 2C, Malioboro. Momen ini tidak hanya sebatas menyantap hidangan, tetapi juga sebuah perjalanan merasakan sejarah kuliner yang otentik dan khas.

2. Soto Ayam 61

Soto Ayam

Menjejakkan kaki pada nomor dua, Soto Ayam 61 menjadi pesona kuliner yang tetap abadi di sekitar Malioboro. Sejak tahun 1976, tempat makan ini telah memanjakan lidah para pelancong dengan soto ayam yang lezat. Tak heran, rasanya pun tidak berubah seiring berjalannya waktu.

Hidangan soto ayam disajikan dengan harga terjangkau, sekitar 12 ribu rupiah. Anda akan dimanjakan dengan porsi soto yang meliputi sate-satean, telur kecap, dan otak goreng. Sebagai salah satu tempat makan dekat Malioboro favorit, Soto Ayam 61 selalu ramai dikunjungi oleh penggemar kuliner. Anda dapat menikmatinya di Jalan Ahmad Yani No. 61, Gondomanan.

3. Pecel Senggol

Pecel Senggol

Sebuah pagi yang berenergi dimulai dengan mengunjungi Pecel Senggol. Lokasinya berada di depan pintu masuk Pasar Beringharjo. Namanya berawal dari pengalaman mengantri yang dekat dan akrab dengan pengunjung lain. Ini menciptakan interaksi tak terduga yang menambah warna pada pengalaman kuliner Anda.

Pecel di sini memiliki pilihan sayuran yang berlimpah dan bumbu kacang yang nikmat. Kombinasi pilihan lauk membuat hidangan ini begitu memuaskan dan memperkaya rasa. Kenikmatan ini adalah cara yang sempurna untuk memulai hari dan menjelajahi kawasan Malioboro. Sebuah pengalaman makan pagi yang berkesan dalam suasana yang penuh kehangatan.

4. Angkringan Lek Man

Likman

Melangkah pada nomor empat, Angkringan Lek Man adalah destinasi yang wajib dijelajahi. Angkringan adalah bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner di Yogyakarta, dan Angkringan Lek Man adalah ikonnya.

Meskipun tempatnya sederhana, Angkringan Lek Man menawarkan beragam hidangan. Mulai dari sego kucing (nasi kecil), sate-satean, gorengan, kopi, wedang jahe, hingga susu. Semua pilihan ini ditemukan dalam suasana yang khas dan menarik.

Tidak hanya tentang rasa, tetapi juga tentang berbagi pengalaman bersantap di meja lesehan dengan sesama pengunjung. Temui Angkringan Lek Man di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu, hanya sekitar 700 meter dari Malioboro.

5. Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya

Nomor lima membawa kita ke Lumpia Samijaya, sebuah destinasi kuliner yang menunjukkan betapa ramahnya Yogyakarta terhadap dompet pengunjung. Di tengah harga-harga yang terjangkau di kota ini, Lumpia Samijaya menawarkan pilihan lumpia dengan harga di bawah 5 ribu rupiah.

Meskipun harganya murah, rasa lumpia di tempat makan dekat Malioboro ini tetap lezat dan mampu menarik banyak pengunjung. Tempatnya mudah ditemukan, berada di depan toko ponsel Samijaya dan bersebelahan dengan Hotel Mutiara Malioboro. Dalam satu hidangan, Anda dapat mengecap kelezatan Jogja dengan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

6. Gado-Gado Bu Hadi

Gado Gado

Menuju nomor enam, Gado-Gado Bu Hadi menjadi daya tarik kuliner di kawasan Malioboro. Berlokasi tak jauh dari Pasar Beringharjo, di lantai dua pasar yang ikonik ini, Anda dapat menemukan kedai gado-gado legendaris ini.

Sepiring sayuran segar dan telur ayam rebus disajikan dengan bumbu kacang manis dan gurih yang menggugah selera. Rasa gado-gado di sini sungguh memikat! Ditambah lagi dengan harganya yang terjangkau, menjadikan pengalaman makan di sini begitu memuaskan. Cobalah Gado-Gado Bu Hadi yang telah menyajikan cita rasa lezat sejak tahun 1952.

7. Sate Kere

Sate Kere

Pindah ke nomor tujuh, Sate Kere adalah destinasi kuliner unik yang terletak dekat dengan Pasar Beringharjo. Sate ini dibuat dari lemak atau gajih sapi, yang saat dibakar menghasilkan aroma harum yang menggugah selera.

Dengan bumbu dendeng yang khas, citarasa sate ini begitu istimewa dan tidak bisa disamakan dengan yang lain. Jika Anda tertarik untuk mencicipinya, pastikan untuk datang pada sore hari karena pedagangnya hanya buka pada waktu tersebut. Mengunjungi Sate Kere adalah sebuah perjalanan kuliner yang menyajikan rasa dan aroma yang unik, memberikan kenangan yang tak terlupakan.

8. Bakmi Jawa Mbah Hadi

Bakmi Jawa Mbah Hadi

Nomor delapan membawa kita pada Bakmi Jawa Mbah Hadi. Warung ini mungkin terletak sedikit lebih jauh, tetapi memberikan pengalaman kuliner yang tak tergantikan dalam waktu 10 – 15 menit perjalanan. Warung Bakmi Jawa Mbah Hadi selalu penuh dengan pengunjung karena rasa bakmi yang khas dan lezat.

Dengan pilihan bakmi goreng dan godhog (rebus), tempat makan dekat Malioboro Mbah Hadi ini memberikan kelezatan yang memikat. Bahkan ini menjadi daya tarik sendiri. Pelayanan yang cepat dan efisien menjaga Anda dari kelaparan yang tidak perlu. Alamatnya terletak di Jalan C. Simanjuntak 1, Gondokusuman, memberikan pengalaman kuliner yang cepat dan memuaskan.

9. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng

Bagi pecinta nasi goreng, nomor sembilan adalah destinasi yang sempurna. Nasi Goreng Beringharjo, yang terletak di sekitar Pasar Beringharjo, menawarkan cita rasa nasi goreng yang autentik dan klasik.

Di samping nasi gorengnya, terdapat juga mie goreng yang menjadi pilihan menarik. Dengan harga terjangkau, Anda dapat menikmati dua hidangan yang telah memikat lidah sejak tahun 60-an. Nasi Goreng Beringjharjo dapat Anda temukan di Jalan Mayor Suryotomo No. 7, Gondokusuman.

10. Terang Bulan

Lesehan Terang Bulan

Akhirnya, nomor sepuluh menghadirkan Terang Bulan. Ini adalah lesehan yang menyuguhkan berbagai hidangan, termasuk martabak manis, ayam goreng, bebek goreng, dan burung dara goreng. Nama lesehan ini diambil dari nama toko yang sama, “Terang Bulan”.

Makanan yang disajikan akan semakin lezat ketika dinikmati bersama sambal pedas dan nasi putih hangat. Letaknya di Jalan Malioboro, cukup mudah ditemukan karena berada di depan toko bernama “Terang Bulan”. Pengalaman makan lesehan di sini akan memberikan sentuhan khas dari kuliner Malioboro yang memikat dan hangat.

Kuliner di tempat makan dekat Malioboro ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Menikmati makanan enak tidak selalu harus mahal. Semua tempat makan di sekitar Malioboro menawarkan hidangan lezat dengan harga yang terjangkau, menjadikan perjalanan kuliner Anda semakin istimewa. Jika Anda memiliki kesempatan, Anda juga bisa menjajal Kedai Tjemara Jogja yang namanya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga …

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

Kedai Tjemara Jogja

Kedai Tjemara Jogja

Tak hanya pantai di Jogja yang sangat beragam, kulinernya juga! Makanan yang memikat dan lezat sering kali memimpin...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.