Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan

Datang tanpa Paket Tour Jogja sehingga bingung makan apa di dekat Stasiun Lempuyangan? Atau Anda sedang merindukan petualangan kuliner yang lezat dekat Stasiun Lempuyangan di Jogja, Anda beruntung! Njogja telah merangkum daftar tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan. Pastinya, bukan soal rasanya saja yang legendaris, tapi juga harganya yang sangat terjangkau. 

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan

Stasiun Lempuyangan, sebuah stasiun kereta api bersejarah di Yogyakarta, telah menjadi saksi perjalanan waktu sejak tahun 1872. Meskipun bukan stasiun utama, peran strategisnya sebagai titik lintasan kereta api jalur selatan dan timur membuatnya tetap menjadi pusat perhatian. Inilah daftar tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan yang bisa Anda coba:

1. Lotek dan Gado-Gado Teteg

Lotek Gado Gado Teteg

Anda dapat memulai perjalanan kuliner dekat Stasiun Lempuyangan dengan mengunjungi Lotek dan Gado-Gado Teteg. Lokasinya hanya sekitar 500 meter sebelah timur stasiun. Tepatnya di Jalan Argolubang No. 184, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta.

Warung ini populer di kalangan penduduk setempat sebagai tempat sarapan pagi atau makan siang. Di jam-jam istirahat kantor, warung ini biasanya ramai dikunjungi. Di sini, Anda dapat menikmati dua hidangan utama, yaitu lotek dan gado-gado.

Lotek khasnya disajikan dalam cobek jumbo yang konon bisa menghasilkan 80 porsi sekaligus. Selain itu, cita rasanya enak dan porsi yang melimpah akan membuat perut Anda kenyang sepanjang hari. Harga per porsi sekitar 15 – 16 ribu rupiah.

2. Warung Ijo

Warung Ijo terletak di dekat Lotek dan Gado-Gado Teteg. Di sini, Anda bisa menemukan hidangan masakan rumahan khas Jawa. Beragam sayuran dan lauk tersedia, mulai dari brongkos, mangut, trancam, telur bacem, lodeh dan oseng tempe lombok ijo. Ada juga sayur bayam, sop, semur telur, pindang, pepes, ayam bacem, tahu-tempe bacem, peyek teri, jengkol, hingga buntel.

Anda dapat memilih antara nasi putih dan nasi merah. Harga makanan cukup terjangkau, berkisar antara 10 – 20 ribu rupiah, tergantung pada jenis lauk yang Anda pilih. Tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan ini terletak di depan Pom Bensin, Jalan Argolubang, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta. 

3. Tongseng Pak Tumijo / Pak Tumiyo

Tongseng Pak Tumiyo

Untuk kuliner pagi di sekitar Stasiun Lempuyangan, Anda bisa mengunjungi Pasar Lempuyangan. Di pasar ini, banyak pedagang makanan yang menjajakan hidangan mereka pada pagi hari. Salah satunya adalah Tongseng Pak Tumijo / Pak Tumiyo.

Warung ini memiliki gerobak biru yang berdiri di samping pintu masuk selatan Pasar Lempuyangan. Menu yang ditawarkan berupa olahan daging kambing, seperti tongseng, sate kambing, gule kambing, dan nasi goreng kambing. Meskipun gerobaknya sederhana, cita rasa masakan di sini sangat enak.

Porsi tongseng kambing berisi potongan daging kambing, irisan tomat, irisan kol, dan kuah manis gurih. Jika Anda suka pedas, Anda dapat meminta variasi tingkat kepedasan saat memesan. Satu porsi tongseng kambing dan sepiring nasi dibanderol dengan harga sekitar Rp.25.000,-. Sebaiknya bawa minuman sendiri karena warung ini tidak menyediakan minuman.

4. Sate Kambing Pak Parno

Sate Pak Parno

Warung ini juga berada di Pasar Lempuyangan dan menyajikan olahan daging kambing, khususnya sate. Anda dapat menemukan warung ini di halaman depan pasar, di Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta. 

Warung Sate Kambing Pak Parno – Awan Setiawan sangat direkomendasikan untuk kuliner malam. Cita rasanya yang lezat, ukuran sate yang besar, daging yang empuk, dan tanpa bau prengus membuatnya layak dicoba. Kabarnya, warung ini pernah dikunjungi oleh Pak Bondan Winarno, pembawa acara kuliner di televisi. Harga hidangan berkisar antara 25 – 40 ribu rupiah.

5. Special Sambal Mentah Bu Saring

Sambel Mentah

Di tengah reputasi Yogyakarta sebagai kota yang dikenal dengan hidangan manis, Anda masih dapat menikmati hidangan asin atau pedas. Special Sambal Mentah Bu Saring adalah salah satu warung makan di Yogyakarta yang menawarkan hidangan pedas.

Seperti namanya, hidangan utama di tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan ini adalah sambal, termasuk sambal mentah, matang, dan bawang. Sambal akan disajikan bersama dengan lalapan kacang panjang, mentimun, kol, dan lauk yang Anda pilih. Anda dapat memilih tahu, tempe, ayam, bebek, ati, lele, bandeng, puyuh, ikan, iso babat, atau telur. Semuanya ada yang disajikan goreng atau bakar.

6. Rumah Makan Es Murni 83 Tukangan

Es Murni

Rumah Makan Es Murni 83 dikenal dengan nama Es Murni 83 Tukangan. Ini adalah tempat makan enak yang sudah legendaris di Jogja sejak tahun 1978. Menu utamanya meliputi berbagai es segar, lontong opor, dan bistik. Meskipun tempatnya sederhana, makanan yang disajikan di sini sangat lezat. Jangan ragu untuk membandingkannya dengan restoran mewah yang kini sedang populer.

Menu lengkap RM Murni 83 mencakup bistik, tempura, pempek, bakso kuah, gado-gado, nasi pecel, bakmi dan bubur ayam. Ada juga nasi garang asem ayam, nasi goreng ayam, nasi goreng spesial, nasi goreng sapi serta berbagai macam es.

Harga makanan dan minuman di sini berkisar antara 5 – 17 ribu rupiah. Anda dapat menemukan RM Murni 83 di Jalan Tukangan No.45, Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta. Dari Stasiun Lempuyangan, cukup lurus ke barat sampai perlintasan kereta api, lalu berjalan ke selatan beberapa meter. Warung ini buka mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB.

7. Sate Ayam Tukangan

Sate Ayam

Tidak jauh dari lokasi sebelumnya, yakni Es Murni 83, ada warung Sate Ayam Tukangan. Walaupun lapaknya sederhana, dengan hanya sebuah gerobak di pinggir jalan dan sedikit kursi, rasanya sungguh memanjakan lidah. Kabarnya, dagangan sate ini ludes dalam hitungan jam saja.

Satu porsi sate ayam di tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan ini meliputi sate ayam, lontong, sambal, dan bumbu kacang. Bumbu kacangnya gurih dan manis, sangat cocok dengan empuknya daging ayam.

8. Soto Ayam Pak Gareng

Soto Ayam Pak Gareng

Soto merupakan hidangan khas Nusantara yang sangat populer di Indonesia. Setiap daerah memiliki variasi soto dengan citarasa dan bahan yang berbeda-beda. Di Yogyakarta, soto khasnya memiliki tambahan lenthok, yaitu perkedel ketela yang sering disajikan bersama soto.

Untuk menikmati soto lenthok, kunjungi Warung Soto Ayam Pak Gareng. Warung ini berjarak sekitar 400 meter ke selatan Stasiun Lempuyangan atau di seberang Pasar Lempuyangan.

Setiap porsi Soto Ayam Pak Gareng berisi nasi, bihun, kecambah, lenthok, potongan daging ayam dan irisan daun seledri. Pastinya ada juga taburan bawang goreng dan kuah gurih. Harga per porsi berkisar antara 12 – 15 ribu rupiah, tergantung pada lauk tambahan yang Anda pilih. Anda juga dapat menemukan Soto Pak Gareng di dekat Stasiun Tugu Yogyakarta.

9. Soto Ayam Lenthok Pak Yono

Soto Lenthok

Soto Ayam Lenthok Pak Yono terletak di dalam Pasar Lempuyangan. Yaitu sebelah utara dan paling timur, di Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta. Seperti Soto Ayam Pak Gareng, soto di sini juga menggunakan lenthok sebagai tambahan.

Porsi soto berisi nasi, suwiran ayam, bihun putih, kecambah / tauge, seledri, tahu, lenthok, dan kuah gurih. Cocok sebagai sarapan pagi sebelum beraktivitas. Harga porsi sangat terjangkau, hanya sekitar 12 ribu rupiah.

10. Warung Makan Cak Koting

Cak Koting

Jika Anda menyukai menu makanan penyetan, cobalah mampir ke Warung Makan Cak Koting. Lokasi tempat makan ini ada di Jalan Doktor Sutomo No.57, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta. Tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan ini buka mulai pukul 09.00 – 23.00 WIB.

Seperti warung penyetan pada umumnya, Warung Makan Cak Koting menawarkan berbagai hidangan lauk goreng atau bakar. Misalnya seperti bebek, burung dara, ayam, lele, nila, gurameh, dan daging sapi. Ada juga cah kangkung, tempe, tahu, terong, pete, lalapan, dan sambal sebagai pelengkap. Menu andalan di sini adalah olahan bebek goreng yang terkenal gurih dan empuk tanpa bau amis.

Nikmati petualangan kuliner yang menggugah selera di sekitar Stasiun Lempuyangan Jogja. Dengan pilihan tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan yang beragam dan harga terjangkau, Anda dapat menjelajahi variasi cita rasa khas Yogyakarta. Pastinya tanpa perlu memikirkan isi dompet, kan? Setelah makan di tempat legendaris ini, pastinya Anda sudah siap untuk berpetualang di Jogja bukan? Anda bisa memulai perjalanan dengan memburu sunrise di pantai Jogja atau destinasi pilihan lainnya.

Baca Juga …

Asal Usul Masjid Jogokariyan

Asal Usul Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan adalah salah satu masjid besar di Yogyakarta. Masjid ini terletak di Jalan Jogokariyan, Kelurahan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.