9+ Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Legend di Jogja

Gudeg

Written by Didik Wahyudi

Kuliner khas Yogyakarta tak hanya terkenal dengan keindahan destinasi wisatanya, tetapi juga dengan ragam makanan lezatnya. Salah satu hidangan ikonik yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jogja adalah gudeg. Gudeg, sebuah hidangan tradisional Indonesia yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah dan santan, hadir dalam berbagai varian. Berikut adalah rekomendasi gudeg Jogja terbaik yang patut Anda cicipi:

1. Gudeg Yu Djum: Menyajikan Kelezatan yang Legendaris

Gudeg Yu Djum adalah sebuah warisan kuliner yang telah melegenda di Jogja. Meskipun sang pendiri, Yu Djum, telah meninggalkan dunia ini, warisan rasa gudeg kering yang lezat tetap dijaga dengan penuh cinta. Dapur utama Gudeg Yu Djum terletak di Mbarek Jalan Kaliurang, dan tempat ini juga memiliki cabang-cabang lain di daerah Wijilan dan beberapa lokasi lainnya.

Rahasia kelezatan gudeg dari tempat ini terletak pada harmoni rasa manis bumbunya yang sempurna. Bumbunya dipadukan dengan kuah pedas yang memberikan sensasi rasa yang menggoda. Setiap gigitan dari gudeg ini membawa kenangan akan warisan kuliner Jogja yang kaya dan beragam. Selain itu, jangan lupa untuk membawa pulang paket kendil sebagai oleh-oleh khas Jogja yang bisa dinikmati di rumah. Sekarang cabangnya sudah ada di mana mana. Anda bisa mendatangi tempat makan ini setelah mendatangi beberapa destinasi wisata mulai dari Event Artjog, atau wisata sekitar kota lainnya.

Gudeg

2. Gudeg Hj. Ahmad: Menikmati Kelezatan Tradisional di Dekat UGM

Berjalan-jalan di sekitar area Universitas Gadjah Mada (UGM) bisa menjadi pengalaman yang menarik, terutama jika Anda juga mencicipi kuliner lokal. Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi adalah Gudeg Hj. Ahmad. Terletak di Jalan Kaliurang KM 4,5, Kocoran, Caturtunggal, Sleman, warung gudeg ini menyuguhkan cita rasa tradisional yang menggoda selera.

Gudeg Hj. Ahmad dikenal sebagai rekomendasi gudeg Jogja dengan pilihan gudeg keringnya yang lezat. Biasanya menu gudeg disajikan dengan telur bebek dan potongan ayam. Harga yang terjangkau, mulai dari Rp 15.000, menjadikan kuliner ini populer di kalangan masyarakat setempat maupun wisatawan. Jika Anda ingin membawa oleh-oleh, tersedia juga gudeg kendil dengan harga berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 270.000.

3. Gudeg Mbah Lindu: Kenikmatan Gudeg Pagi dengan Sentuhan Tradisional

Bagi pecinta gudeg yang ingin memulai hari dengan cita rasa autentik, Gudeg Mbah Lindu adalah tempat yang ideal. Walau pendirinya, Mbah Lindu, telah berpulang, warung ini tetap menjaga cita rasa yang sama seperti dahulu. Terletak di Jalan Sosrowijayan Nomor 30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, tempat ini menawarkan sensasi gudeg khas dengan sentuhan tradisional.

Jam operasionalnya dari pukul 05.30 hingga 11.00 WIB. Sehingga Gudeg Mbah Lindu adalah tempat yang sempurna untuk memulai pagi Anda dengan nikmatnya gudeg khas Jogja. Namun, disarankan untuk datang lebih awal karena popularitas warung ini bisa membuat Anda kehabisan jika datang terlambat.

4. Gudeg Bromo Mbah Tekluk: Sensasi Gudeg Malam yang Menggoda

Begitu malam tiba, Gudeg Bromo Mbah Tekluk menjadi destinasi kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan di Jogja. Berdiri sejak tahun 1984, tempat ini dikenal sebagai tempat perintis usaha kuliner malam yang merakyat. Nama “Mbah Tekluk” menggambarkan kisah menarik di balik tempat ini. “Tekluk” dalam bahasa Jawa merujuk pada keadaan tertidur. Tempat ini memperoleh namanya karena pemiliknya sering tertidur saat melayani pelanggan di malam hari.

Gudeg Bromo Mbah Tekluk menyajikan gudeg basah dengan aneka lauk yang menggoda selera. Mulai dari telur bacem, tempe, tahu, ayam suwir, hingga daging ayam, semuanya disajikan dalam satu piring gudeg. Keunikan tempat ini adalah kehadiran cabai utuh yang memberikan sensasi pedas tersendiri bagi para pecinta makanan pedas. Lokasi rekomendasi gudeg Jogja yang satu ini ada di Jl. Affandi No. 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman. Karena termasuk kuliner malam, Anda bisa mendatangi setelah berwisata malam di Jogja.

Gudeg

5. Gudeg Permata: Menghidupkan Kenangan Bioskop dan Gudeg Legendaris

Sekitar tahun 1951, Bioskop Permata dikenal sebagai salah satu bioskop terkenal di masa lalu di Jogja. Namun, ketika malam semakin larut, Gudeg Permata menjadi fokus utama, menawarkan hidangan gudeg yang menggoda. Terletak di Jalan Gajah Mada, tempat ini memiliki kuah gurih dan manis. Kuah dan rasanya ini merupakan ciri khas gudeg yang pas di lidah warga Jogja.

Jam buka tempat ini mulai pukul 20.00 hingga 02.00 dini hari. Oleh sebab itu, Gudeg Permata adalah pilihan yang tepat untuk menyantap kuliner tengah malam di Jogja. Gudeg yang dihidangkan di tempat ini membawa rasa kenangan dari masa lalu. Pastinya juga menggugah selera para pengunjung yang ingin merasakan hidangan khas Jogja.

6. Gudeg Pawon: Unik dan Akrab dengan Tradisi

Gudeg Pawon adalah destinasi kuliner yang menggabungkan kelezatan dengan pengalaman yang unik. Dalam bahasa Jawa, “pawon” berarti dapur. Tempat ini memungkinkan pengunjung untuk masuk ke dapur dan memilih langsung hidangan yang ingin mereka nikmati. Terletak di Jalan Janturan no.36-38 Warung Boto, Umbulharjo, tempat ini memberikan sentuhan tradisional yang intim kepada para pengunjung.

Kelezatan gudeg yang dihidangkan di Gudeg Pawon mampu menghadirkan rasa gurih dan pedas yang tak terlupakan. Meskipun antrian mungkin terjadi sebelum tempat ini buka, setiap gigitan akan memberi Anda pengalaman budaya kuliner yang autentik.

Gudeg

7. Gudeg Batas Kota: Sensasi Malam yang Menggoda

Jika Anda mencari sensasi kuliner malam yang memikat di Jogja, Gudeg Batas Kota adalah pilihan yang tepat. Lokasinya berada di antara wilayah kota Jogja dan Kabupaten Sleman, tepatnya di depan Lippo Plaza Mall Jogja. 

Sebagai salah satu rekomendasi gudeg Jogja, Gudeg Batas Kota  menawarkan gudeg dengan cita rasa khas. Ada harmoni rasa manis, gurih, dan pedas yang akan memanjakan lidah Anda. Buka mulai pukul 9 malam, tempat ini adalah tujuan sempurna bagi mereka yang ingin menikmati kuliner lezat di tengah malam.

Dengan porsi yang cukup besar, Anda akan merasa puas dan terkesan dengan kenikmatan gudeg yang ditawarkan. Suasana malam Jogja dan kelezatan hidangan di Gudeg Batas Kota akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

8. Gudeg Bu Djuminten: Warisan Rasa Sejak 1926

Gudeg Bu Djuminten telah menghidangkan kelezatan sejak tahun 1926. Keunikan warung ini terletak pada kuah arehnya yang gurih dan tekstur yang kental. Meskipun rasa gudegnya lebih cenderung manis, warung ini berhasil mempertahankan cita rasa khas yang menjadi favorit banyak orang.

Lokasi gudeg ini berada di Jalan Asem Gede Nomor 14, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Dengan kisaran harga antara Rp 19.000 hingga Rp 45.000, Anda bisa menikmati hidangan gudeg yang autentik dan lezat. Selain itu, Anda juga dapat memilih gudeg kendil dengan harga antara Rp 180.000 hingga Rp 270.000.

\Gudeg

9. Gudeg Mercon Bu Tinah: Pedas yang Menggetarkan Lidah

Jika Anda ingin merasakan sensasi pedas yang menggetarkan lidah, Gudeg Mercon Bu Tinah adalah pilihan yang tepat. Terletak di Jl. Asem Gede, dekat Pasar Kranggan, Jetis, tempat ini menawarkan gudeg dengan tingkat kepedasan yang tinggi. Jangan terkejut jika Anda menemukan cabai rawit yang meledakkan rasa pada setiap gigitan gudeg.

Namun, perlu diingat bahwa kunjungan Anda sebaiknya dilakukan setengah jam sebelum tempat ini buka. Sebab, antrean pengunjung seringkali sudah ada sebelum penjual selesai menata dagangannya. Dengan cita rasa yang menggoda, Gudeg Mercon Bu Tinah adalah pilihan yang menarik bagi para pecinta makanan pedas.

10. Gudeg Sagan: Keseimbangan Rasa yang Sehat dan Lezat

Terakhir di daftar rekomendasi gudeg Jogja adalah Gudeg Sagan. Gudeg Sagan menawarkan gudeg basah dengan ayam kampung sebagai lauk utama. Ciri khas tempat ini adalah penggunaan areh dalam jumlah melimpah yang memberikan kelezatan tersendiri. Rasa pedas sambal kreceknya sangat seimbang dan cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan.

Lokasi Gudeg Sagan terletak di Jalan Prof. Herman Yohanes No.54 A, Caturtunggal, Depok, Sleman. Untuk harga berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 30.000, Anda bisa menikmati seporsi gudeg yang lezat dan sehat. Dengan keseimbangan cita rasa yang khas, Gudeg Sagan adalah tempat yang ideal untuk merasakan kelezatan kuliner khas Jogja.

Dengan berbagai pilihan rekomendasi gudeg Jogja, mana yang akan Anda kunjungi? Pilih yang manapun, perjalan kuliner Anda akan menjadi petualangan yang tak terlupakan. Melalui cita rasa autentik dan legendaris, Anda telah memasuki dunia kuliner yang kaya akan warisan budaya dan kenikmatan rasa.

Baca Juga …

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.