10 Pantai Terbaik di Jogja

Pantai Terkenal Jogja

Written by Didik Wahyudi

Jogja, atau lebih dikenal sebagai Yogyakarta, bukan hanya terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya, tetapi juga memiliki pantai-pantai yang menakjubkan. Misalnya saja ada Parangtritis yang terkenal hingga ke mancanegara. Tentu saja, selain itu masih banyak  pantai-pantai populer hingga yang tersembunyi di Jogja. Apa sajakah itu? Perlukah bantuan Paket Liburan Jogja untuk menyusunkan jadwal perjalannya? Berikut adalah daftar 10 pantai terbaik di Jogja yang cocok untuk liburan Anda.

10 Pantai Terbaik di Jogja

Jika Anda masih bingung mau liburan ke pantai mana di Jogja, 10 pantai terbaik berikut dapat menjadi rekomendasi. Berikut penjelasannya:

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai paling terkenal di Jogja, dan mungkin juga yang paling ikonik. Parangtritis terletak sekitar 28 kilometer selatan Yogyakarta. Pantai ini menawarkan kombinasi unik antara pasir hitam, ombak yang kuat, dan angin laut yang sejuk. Selain itu, yang sangat terkenal di sini adalah sunsetnya yang sangat menakjubkan.

Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler di cakrawala laut. Selain menikmati pemandangan laut yang menakjubkan, Anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas. Misalnya seperti bermain pasir, naik ATV atau bahkan naik kereta kuda tradisional yang merupakan ciri khas pantai ini.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, yang juga dikenal sebagai “Pantai Pulang Sawal,” adalah pantai yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Pantai ini berjarak sekitar 65 kilometer dari kota Jogja dengan jarak tempuhnya hampir 2 jam.

Pantai Indrayanti sangat populer dengan pasir putihnya yang lembut sekaligus memesona. Airnya juga jernih dan berwarna hijau toska atau gradasi biru kehijauan, sungguh menakjubkan. 

Pantai Indrayanti juga dikelilingi oleh tebing-tebing indah yang menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai. Anda dapat duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang menawan.

3. Pantai Krakal

Selanjutnya di daftar 10 pantai terbaik di Jogja adalah Pantai Krakal. Pantai Krakal berada sekitar 65 kilometer dari Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar hampir 2 jam. Pantai ini terkenal dengan air lautnya yang biru toska yang menakjubkan dan hamparan pasir putih yang lembut.

Selain itu, pantai ini juga memiliki pesona alam yang tenang. Sehingga menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati suasana alam yang tenang. Anda dapat merasakan semilir angin laut sambil mendengarkan deburan ombak yang menenangkan.

Wisata Pantai Jogja

4. Pantai Sundak

Pantai Sundak menawarkan panorama yang luar biasa dengan tebing-tebing karst yang menjulang tinggi di sekitarnya. Terletak sekitar 66 kilometer atau 2 jam dari Yogyakarta, pantai ini memungkinkan Anda untuk bersantai di pasir putihnya yang lembut. 

Bahkan Pantai Sundak menawarkan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat snorkeling, berenang, atau sekadar berjemur di bawah sinar matahari. Tidak jauh dari pantai ini, Anda juga dapat menyeberangi laut dengan perahu nelayan untuk mencapai Pulau Timang. Pulau ini terkenal dengan jembatan gantungnya yang menakjubkan.

5. Pantai Siung

Pantai Siung adalah destinasi impian bagi para pecinta panjat tebing. Ya, wisata terkenal di Jogja terletak sekitar 72 kilometer atau 2 jam dari Yogyakarta, pantai ini terlihat menawan sekaligus memesona. Pantai Siung memiliki tebing-tebing curam yang berada di sisi dan menghadap langsung ke laut, menciptakan panorama eksotis.

Selain bermain di tepi, Anda juga dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dari tepi pantai yang lebih datar. Lebih dari itu, pasirnya putih dan lembut sehingga Pantai Siung menjadi tempat yang sempurna untuk menggabungkan liburan sekaligus relaksasi.

6. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah pantai berikutnya di daftar 10 pantai terbaik di Jogja. Pantai ini unik karena memiliki kuil Hindu di tepi pantai. Terletak sekitar 37 kilometer dari Yogyakarta, Kuil Barong yang berdiri megah adalah salah satu tempat suci bagi umat Hindu. 

Selain mengagumi kuil, wisatawan juga dapat menikmati panorama laut yang indah dan mengeksplorasi gua-gua alam di sekitar pantai. Pantai Ngobaran memberikan kombinasi antara keindahan alam dan nilai spiritual yang unik.

7. Pantai Baron

Pantai Baron adalah destinasi yang menawarkan kombinasi sempurna antara laut, sungai, dan hutan. Terletak sekitar 52 kilometer atau 1 jam 30 menit dari Yogyakarta, pantai ini memiliki suasana yang menenangkan.

Anda bisa berenang di muara sungai atau menyusuri sungai dengan perahu tradisional. Wisatawan juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas terutama seafood. Selain itu, pantai ini juga memiliki fasilitas camping yang membuatnya cocok untuk liburan keluarga yang menyenangkan.

Pantai Terkenal Jogja

8. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati suasana santai. Terletak sekitar 65 kilometer atau 2 jam dari Yogyakarta, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Anda dapat berenang atau bermain air dengan aman. Pantai ini juga merupakan tempat yang populer untuk snorkeling dan menikmati keindahan bawah lautnya yang indah.

9. Pantai Glagah

Pantai Glagah terkenal dengan laguna yang membentuk pemandangan yang unik. Terletak sekitar 47 kilometer atau 1 jam 20 menit dari Yogyakarta, pantai ini menawarkan pengalaman yang berbeda dengan pantai lainnya di Jogja.

Selain menikmati pantai dan laut, Anda juga dapat menaiki perahu dan berkeliling di sekitar laguna yang terletak di sekitar pantai ini. Taman ini memiliki pemandangan eksotis di sore hari dan merupakan tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga.

10. Pantai Jogan

Pantai terakhir di daftar 10 pantai terbaik di Jogja adalah Pantai Jogan. Pantai ini terletak sekitar 72 kilometer atau 2 jam dari Yogyakarta. Pemandangan di Pantai Jogan begitu langka dan indah, menjadikannya salah satu pantai yang paling unik di Jogja. Pantai Jogan mulai terkenal seiring dengan banyaknya wisatawan yang membagikan foto pantai ini di media sosial.

Salah satu foto yang membuatnya viral adalah adanya air terjun yang jatuh ke laut. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini dari pantai atau bahkan mendekati air terjun itu sendiri. Pantai Jogan menghadirkan keajaiban alam yang memesona dan menjadi destinasi yang cocok untuk pencinta keindahan alam yang berbeda.

Jogja memang memiliki banyak pantai indah yang siap untuk dijelajahi. Tidak masalah jika Anda mencari keindahan alam yang menakjubkan atau kesempatan untuk bermain air, pantai terbaik di Jogja adalah jawabannya. Tentunya, pantai ini juga sangat pas untuk bersantai dengan pasirnya yang lembut dan udara sejuk. Dengan 10 pantai terbaik di Jogja di atas, liburan di Jogja pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga …

Pantai Hidden Gem Jogja

Pantai Hidden Gem Jogja

Gunung Kidul Yogyakarta memiliki deretan pantai populer yang selalu menjadi favorit wisatawan, baik lokal maupun...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.