Wisata di Jogja tidak bisa lepas dengan pantai.  Di kawasan ini banyak sekali pantai yang berderet mulai dari Gunung Kidul di timur, Bantul di tengah hingga Kulonprogo di sisi barat. Tercatat puluhan pantai yang ada di Jogja. Pantai-pantai tersebut memiliki keunikan masing-masing yang menjadi daya tarik wisatawan.  Salah satu kawasan yang memiliki pantai yang terkenal adalah Kabupaten Bantul. Kabupaten ini terkenal dengan pantai-pantainya yang legendaris seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Selain itu terdapat pantai-pantai lainnya di kawasan ini. Berikut penjelasan singkat mengenai pantai-pantai di Bantul:

1. Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak mengenal Pantai Parangtritis. Pantai ini merupakan salah satu ikon pariwisata yang ada di Jogja. Terkenal dengan cerita tentang Ratu Laut Selatan atau Kanjeng Ratu Roro Kidul, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari dalam maupun luar Jogja. Di pantai ini wisatawan bisa melakukan berbagai macam hal seperti bermain air, menikmati pemandangan, atau mencoba kegiatan lainnya seperti naik andong, atau naik AVP menjelajahi kawasan pantai ini. Waktu terbaik wisata di pantai ini adalah saat sore hari dimana pemandangan senja sangat memikat dan tiada duanya.

2. Pantai Parangkusumo

Di dekat Pantai Parangtritis terdapat Pantai Parangkusumo yang terkenal oleh warga sebagai tempat bertemunya Ratu Roro Kidul dengan Hamengkubuwono I yang merupakan pendiri Kraton Yogyakarta. Pantai ini merupakan pantai yang masih disakralkan oleh masyarakat sekitar. Saat hari-hari tertentu banyak warga yang datang untuk melakukan ritual. Di tanggal-tanggal penting bagi orang Jawa tempat ini juga sering diadakan kegiatan budaya untuk menghormati penguasa laut selatan. Terdapat objek wisata lain di dekat pantai ini yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo yang merupakan tempat favorit bagi wisatawan.

3. Pantai Depok

Pantai selanjutnya adalah Pantai Depok yang terkenal sebagai pusat kuliner di Bantul. Di pantai ini wisatawan dapat memesan berbagai macam makanan khas laut yang dibeli di pasar kemudian disajikan di tempat-tempat yang tersedia. Sembari menanti makanan matang, pengunjung bisa menikmati suasana pantai yang tenang dan alami. Mereka bisa menyaksikan debur ombak samudera dan angin sepoi-sepoi. Saat makanan telah masak mereka dapat menikmatinya bersama alam yang pastinya sangat menyenangkan 

Demikian pantai-pantai yang paling terkenal di Bantul. Jika ingin mengunjunginya bisa sewa bus wisata Jogja jika datang dalam jumlah besar dan dapat menjadikannya sebagai paket wisata murah di Jogja. Semoga tulisan di atas bagi Anda yang ingin berwisata di Jogja.