Kawasan Belanja Paling Populer di Pusat Kota Yogyakarta 2018

Paket Tour Murah Jogja

Written by Didik Wahyudi

Paket Tour Murah Jogja – Seperti daerah daerah lainnya, Yogyakarta juga memiliki kawasan belanja yang populer dan selalu dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah di Indonesia. Di kawasan ini para wisatawan dapat menemukan berbagai macam barang dagangan khas Yogyakarta dari yang harganya murah meriah hingga harganya selangit tergantung jenis dan kualitas barang yang ada. Tempat-tempat tersebut antara lain: Malioboro, Pasar Beringharjo masih banyak lainnya. Berikut penjelasan singkat mengenai tempat-tempat yang biasanya diserbu oleh para pelancong dan bisa menjadi paket wisata murah Jogja.

1. Maliboro

Malioboro terletak di pusat kota Yogyakarta, dan membentang dari Titik Nol Kilometer hingga perempatan dekat rel Stasiun Tugu. Maliboro terkenal dengan deretan toko-toko dan pedagang kaki lima (PKL) yang menjual berbagai macam barang, dari souvenir, pakaian, hingga makanan.

Pada tahun 2023, PKL di Maliboro dipindahkan ke Teras I dan Teras II, yang terletak di sebelah barat Jalan Maliboro. Teras I dan Teras II dibangun untuk menata PKL di Maliboro agar lebih rapi dan tertata.

2. Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo merupakan pasar tradisional yang sangat populer dan sudah sering menjadi destinasi wisata belanja. Pasar ini terletak tepat sebelum Titik Nol Kilometer. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Pasar Bringharjo adalah salah satu pasar tradisional terbesar di Yogyakarta. Pasar ini adalah tempat yang tepat untuk membeli bahan makanan, pakaian, dan kerajinan tangan khas Yogyakarta. Harga barang di Pasar Bringharjo relatif terjangkau, dan kualitasnya juga terjamin.

3. Pusat Perak Kota Gede

Kota Gede adalah salah satu sentra kerajinan perak di Yogyakarta. Kota Gede terletak di sebelah timur Yogyakarta, dan dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota.

Di Pusat Perak Kota Gede, Anda dapat menemukan berbagai macam kerajinan perak, mulai dari perhiasan, peralatan makan, hingga patung. Harga kerajinan perak di Kota Gede relatif terjangkau, dan kualitasnya juga terjamin.

4. Pusat Barang Bekas Pasar Klithikan

Kawasan belanja paling populer di pusat kota Yogyakarta berikutnya adalah Pasar Klithikan. Pasar Klithikan terletak di Jalan Pabringan Selatan, dan buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Pasar Klithikan menjual berbagai macam barang bekas dan baru, mulai dari pakaian, perabot, hingga elektronik. Harga barang di Pasar Klithikan sangat terjangkau, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk berburu barang-barang antik dan vintage.

5. Pusat Kerajinan Kulit Manding

Manding adalah salah satu kawasan belanja paling populer di Yogyakarta yang menjadi sentra kerajinan kulit. Manding terletak di sebelah timur Yogyakarta, dan dapat ditempuh sekitar 1 jam dari pusat kota. 

Di Pusat Kerajinan Kulit Manding, Anda dapat menemukan berbagai macam kerajinan kulit, mulai dari sepatu, tas, hingga dompet. Harga kerajinan kulit di Manding relatif terjangkau, dan kualitasnya juga terjamin.

6. Pusat Kerajinan Gerabah Kasongan

Kasongan adalah salah satu sentra kerajinan gerabah di Yogyakarta. Di Kasongan, Anda dapat menemukan berbagai macam kerajinan gerabah, mulai dari vas, guci, hingga lainnya. Harga kerajinan gerabah di Kasongan relatif terjangkau, dan kualitasnya juga terjamin.

Pusat Kerajinan Gerabah Kasongan adalah tempat yang tepat untuk membeli kerajinan gerabah khas Yogyakarta. Anda juga bisa menemukan berbagai souvenir unik dan menarik dengan harga murah.

7. Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan adalah pasar seni yang terletak di Gabusan. Pasar ini terletak di Jalan Raya Parangtritis KM 9,5, dan buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Pasar Seni Gabusan menjual berbagai macam kerajinan tangan, mulai dari batik, wayang, hingga lukisan. Pasar ini adalah tempat yang tepat untuk menemukan kerajinan tangan khas Yogyakarta. Kerajinan tangan di Pasar Seni Gabusan memiliki kualitas yang terjamin, dan harganya juga relatif terjangkau.

8. Pasar Hewan PASTY

PASTY adalah kawasan belanja paling populer di pusat kota Yogyakarta yang dapat Anda kunjungi. PASTY adalah singkatan dari Pasar Hewan dan Tanaman Yogyakarta. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. 

PASTY menjual berbagai macam hewan, mulai hewan peliharaan, ikan, hingga reptil. Pasar ini juga menjual berbagai macam tanaman, mulai dari tanaman hias, tanaman pangan, hingga tanaman obat.

PASTY adalah tempat yang tepat untuk membeli hewan dan tanaman. Harga hewan dan tanaman di PASTY relatif terjangkau, dan kualitasnya juga terjamin.

9. Toko Buku Shopping Center

Shopping Center adalah salah satu pusat belanja terutama untuk Anda yang mencari buku. Shopping Center buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. 

Toko Buku Shopping Center menjual berbagai macam buku, mulai dari buku pelajaran, buku novel, hingga buku komik. Toko buku ini juga menjual berbagai macam perlengkapan tulis menulis, seperti pensil, buku gambar, hingga alat tulis kantor.

10. Pasar Tumpah Sunday Morning UGM

Sunday Morning UGM adalah pasar tumpah yang diadakan setiap hari Minggu pagi di sekitar Universitas Gadjah Mada (UGM). Pasar ini buka mulai pukul 05.00 hingga 12.00 WIB.

Pasar Tumpah Sunday Morning UGM menjual berbagai macam barang, mulai dari makanan, pakaian, hingga kerajinan tangan. Pasar ini juga menjadi tempat yang tepat untuk berburu barang-barang unik dan murah.

11. Malioboro Mall

Malioboro Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling populer yang ada di jalan Malioboro. Pusat perbelanjaan ini sudah mengalami renovasi dan buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Malioboro Mall memiliki berbagai macam tenant, mulai dari tenant pakaian, toko elektronik, hingga toko makanan. Pusat perbelanjaan ini juga memiliki berbagai macam fasilitas, seperti bioskop, food court, dan area bermain anak.

12. Hartono Mall / Pakuwon Mall

Jika Anda mencari kawasan belanja paling populer di pusat kota Yogyakarta yang modern, Hartono Mall adalah jawabannya. Hartono Mall atau sekarang namanya Pakuwon Mall adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar berikutnya di Yogyakarta. Pusat perbelanjaan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Hartono Mall atau Pakuwon Mall memiliki berbagai macam tenant dengan beragam produk termasuk produk branded. Pusat perbelanjaan ini juga memiliki berbagai macam fasilitas, seperti food court, dan area bermain anak.

13. Lippo Plaza

Kawasan belanja paling populer di pusat kota Yogyakarta  selanjutnya adalah Lippo Plaza. Lippo Plaza adalah salah satu pusat perbelanjaan besar di Yogyakarta. Pusat perbelanjaan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Layaknya mall lainnya, Lippo Plaza juga memiliki berbagai macam tenant dari mulai tenant lokal hingga brand terkenal. Pusat perbelanjaan ini juga memiliki berbagai macam fasilitas untuk memanjakan pengunjung.

14. Galeria Mall

Galeria Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan yang telah beroperasi sejak tahun 1995. Mal ini terletak di lokasi yang sangat strategis di pusat kota Yogyakarta, Indonesia. Alamat tersebut terletak di jalan Jendral Sudirman, tepatnya di nomor 99-101. Lokasinya berada di sisi jalan utama dan dekat dengan Tugu Jogja.

Ini adalah salah satu pusat perbelanjaan yang populer di Yogyakarta. Galeria Mall memiliki beragam toko ritel, restoran dan berbagai hiburan lainnya. Pengunjung dapat berbelanja untuk pakaian, barang elektronik, makanan, dan banyak lagi di dalam mal ini.

15. Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarrukmo adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak berdekatan dengan Royal Ambarukmo Hotel. Konsepnya adalah pengunjung dapat menginap di hotel berbintang dan berbelanja di tempat mewah tanpa harus menghabiskan banyak waktu.

Plaza Ambarukmo merupakan kawasan belanja paling populer di pusat kota Yogyakarta bagi pengunjung. Di sini, mereka dapat berbelanja, bersantap, atau sekadar menghabiskan waktu luang. Kombinasi antara pusat perbelanjaan yang lengkap dengan hotel mewah menjadikannya destinasi menarik.

Jadi, ketika berencana pergi liburan ke Jogja dan ingin berbelanja, Anda bisa mendatangi satu atau beberapa pusat perbelanjaan di atas. Semua kawasan belanja paling populer di pusat kota Yogyakarta di atas dapat menjadi rekomendasi untuk berlibur, berbelanja dan bersantap.

Baca Juga …

Wisata Malam Yogyakarta

Wisata Malam Yogyakarta

Kehidupan sehari-hari yang penuh aktivitas dapat membuat pikiran dan tubuh kita merasa lelah. Namun, ada cara yang...

Asal Usul Masjid Jogokariyan

Asal Usul Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan adalah salah satu masjid besar di Yogyakarta. Masjid ini terletak di Jalan Jogokariyan, Kelurahan...

Gokart Kids Fun Jogja

Gokart Kids Fun Jogja

Akhir pekan adalah waktu yang sempurna untuk merencanakan liburan bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Jika Anda...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.