Wilayah perbukitan kars seakan menjadi ciri daerah Gunungkidul yang banyak menyimpan sejuta pesona keindahan alam untuk wisata minat khusus. Sebut saja Cavetubing yang merupakan olah raga menyusuri gua dengan menggunakan peralatan seperti perahu, karet atau band dalam. Goa Pindul sendiri merupakan salah satu dari rangkaian tujuh goa dialiri oleh air dari sungai bawah tanah di daerah Bejiharjo. Lorong goa ini mempunyai panjang sekitar 300 m dan lebar 5 m. Jarak permukaan dengan atap gua 4 m, kedalaman air 5 m. Sungai bawah tanahh di Gua Pindul in sangat cocok untuk tempat cavetubing bagi segala usia karena aliran air yang sangat tenang.

Penamaan gua tersebut dengan sebutan Pindul ternyata memiliki cerita sejarah. Berawal dari kisah Joko Singlulung yang sedang mengembara merambah hutan lebat , menyusuri sungai hingga keluar masuk gua untuk mencari bapaknya. Sewaktu menyusuri gua yang memiliki aliran air di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu besar yang berada dalam gua. Sejak kejadian itu, goa tersebut dikenal menjadi Gua Pindul

Saat wisatawan memasuki Desa Bejiharjo, anda dapat melihat bahwa air ditempat ini sangat melimpah. Parit yang mengelilingi areal persawahan nampak penuh mengalir yang selanjutnya masuk ke dalam sawah-sawah penduduk yang menandakan daerah ini tidak pernah mengalami kekeringan. Setelah anda menyusuri jalan desa tak lama kemudian akan menemukan sampai di Goa Pindul.

Air jernih keluar dari mulut goa yang terletak di kaki bukit mengalir berwarna biru kehijauan kemudian mengalir masuk ke mulut goa yang cukup lebar.. Goa tempat air masuk tersebut yang disebut Goa Pindul. Sebelum memasuki goa, anda akan mendapat penjelasan tentang hal boleh ataupun yang tidak boleh dilakukan saat memasuki goa tersebut.

Wisata Goa Pindul Gunung Kidul menawarkan wisata cave tubing goa pindul yang terkenal dengan tarif yang murah untuk menikmati sensasi berenang di lorong goa yang panjang.