Arung Jeram Magelang Sungai Elo

Arung Jeram Magelang Di Sungai Citra Elo

Written by Didik Wahyudi

Arung Jeram Magelang Di Sungai Citra Elo

Kegiatan arung jeram atau rafting merupakan salah satu kegiatan olah raga air yang dilakukan secara berkelompok. Arung Jeram dianggap sebagai kegiatan yang membutuhkan skil khusus sehingg tidak semua orang bisa melakukannya. Seiring dengan waktu olah raga arung jeram mulai banyak dinikmati dan bermunculan di bebagai biro wisata dan perjalanan yang akan mengelola perjalanan anda dengan menawarkan paket seperti fun rafting. Kegiatan yang dahulu dianggap cukup membahayakan sekarang berubah menjadi oleh raga yang sangat mengasyikkan dan menyenangkan.

Sebut saja Sungai Elo yang yang sering dipakai untuk mengadakan acara olah raga air terutama arung jeram. Sungai ini memiliki jeram-jeram dengan kelas II–III atau masuk tingkatan grade sedang dengan tingkat bahaya yang rendah. Bagi pemula sungai Elo ini cocok untuk tempat belajar arung jeram sekalipun anda tidak bisa berenang.

Menyusuri arung jeram magelang sungai Elo dibutuhkan waktu 2-3 jam. Pemberangkatan berawal dari garis start di Desa Blondo hingga sampai di gariis finish di Desa Mendut. Biasanya kegiatan ini ramai diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Dalam melakukan pengarungan , kalau diperlukan wisatawan dapat menyewa pemandu atau operator yang membuka dua trip atau sesion setiap harinya. Trip pertama mulai pukul 08.00 WIB dan Trip kedua pukul 14.00 WIB. Pada awal dann akhir musim hujan merupakan saat yang paling tepat untuk melakukan pengarungan karena volume air sungai sudah mulai naik tetapi belum banjir.

Sebenarnya melakukan arung jeram sangat mudah dilakukan, hanya butuh sedikit keberanian lebih dan stamina yang prima untuk dapat melakukannya. Sebelum kegiatan ini diimulai, para peserta akan diberi pengarahan dan penjelasan singkat yang dberikan oleh pihak operator penyelenggara. Pengarahan yang diberikan berkisar pada teknik-teknik dasar yang harus di ketahui misalnya cara menggunakan dayung serta tips keamanan bila tercebur ke sungai. Pengarungan berisi 5 orang dan akan dipandu oleh skipper atau juru mudi dan dikawal oleh perahu lain yang bertugas sebagai tim penyelamat.

Selama pengarungan di Arum Jeram Magelang Sungai Elo anda dapat melihat lima bentuk jeram dengan bentuk yang bebeda beda. Anda harus dalam posisi siap bepegangan kuat saat melewati jeram,, anda bisa terjengkang dalam posisi duduk bila anda lengah. Saat melintasi jeram tak jarang perahu akan tersangkut dengan batu besar dan seluruh peserta yang merupakan team harus berusaha keras untuk melepaskan perahu tesebut dari jepitan batu besar. Moment seperti itu merupakan saat yang menegangkan dan menantang.

Saat menyusuri sungai Elo dengan mengunakan perahu, anda dapat sekalian menikmati keindahan pemandangan yang berada pada tepian sungai. Air sungai yang kecoklatan belum tercemar sampah karena air bercampur lumpur akibat hujan di hulu. Jika anda beruntung, anda bisa melihat beberapa satwa yang sedang menampakkan diri waktu mencari makan seperti biawak dan kura-kura. Setelah selesai melakukan pengarungan, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju candi Mendut atau candi Borobudur karena letaknya cukup dekat dengan garis pemberhentian perahu.

Lokasi

Garis Start atau titik pemberangkatan arung jeram berada di Desa Blondo dan berakhir sampai ke Desa Mendut. Kedua desa tersebut masuk wilayah Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Akses

Arum Jeram Magelang dimulai dari Desa Blondo yang merupakan garis start terletak tak jauh dari Jalan Raya Jogja Magelang sehingga dapat mudah diekses dari berbagai arah.

Harga Tiket

Untuk mendekati dan memasuki sungai ini tidak dipungut beaya. Biaya baru dikeluarkan apabila anda menyewa peralatan untuk melakukan pengarungan. Biaya untuk menyewa perahu dengan segala perlengkapannya adalah berkisar 100 ribu – 150 ribu per 2-3 jam. ( sept 2010 )

Fasilitas

Jika anda menggunakan jasa adventure team , akan mendapatkan perahu karet, pelampung, helm dan thorwing bag ( tali yang mengapung kesungai )yang akan dipergunakan apbila ada temen kita yang tercebur ke sungai. Ditambah lagi ada skipper yang bertugas memandu di setiap kapal dan tim penyelamat atau rescue team yang siap bergerak cepat bila ada peserta yang jatuh tercebur ke sungai. Fasilitas lainya berupa asuransi, jasa penjemputan di jembatan Blondo kembali ke titik pemberangkatan, foto kegiiatan, snack dan makan siang.. Sebelum melakukan pengarungan biasanya diawali dengan pelatihan pemanasan yang berupa games ringan yang di pandu oleh team outbond.

Jika berminat wisata air dengan kegiatan arung jeram magelang sungai elo ini bisa menjadi paket wisata anda di Jogja bersama rekan-rekan anda. Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga …

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Jogja memiliki beragam destinasi wisata alam ramah anak, yang dapat menjadi pilihan sempurna bagi keluarga yang ingin...

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Tak jauh dari keramaian kota Yogyakarta, tersembunyi sebuah destinasi unik yang menggabungkan keindahan alam dan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.