Bukit Gupit, Menikmati Pantai Selatan Jogja Dari Ketinggian

Written by Didik Wahyudi

Bukit Gupit

Mau menikmati indahnya pantai selatan dari ketinggian atau diatas bukit? Mudah, mendakilah di atas Bukit Gupit.  Mungkin bagi anda menikmati pantai tak lengkap rasanya jika tidak menyentuh air laut secara langsung. Tidak puas pula jika tak mandi di pantai dan berbasah-basahan menikmati deburan ombak yang menerpa anda. Memang asyik sekali jika bermain air dipantai apalagi diwaktu pagi maupun sore hari ketika cuaca tidak terlalu panas.

Mungkin anda sudah terlalu sering mengunjungi pantai Parangtritis, pantai ini memang sangat terkenal baik wisatawan lokal maupun mancanegara.  Di pantai ini juga sering diadakan event-event tiap tahunnya seperti event tahun baru, labuhan, dan masih banyak lagi. Dari dulu hingga sekarang pantai Parangtritis tetap terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Lalu bagaimana cara menikmati pantai Parangtritis dan pantai selatan dari atas bukit? Bisa! Jika anda pernah ke pantai Parangtritis silahkan tengok pada sisi timur pantai parangtritis. Disana ada sebuah bukit yang membentang dan selalu menjadi background jika berfoto-foto dari pantai parangtritis.  Lalu bagaimana jika hendak naik ke atas bukit tersebut?

Ya, anda bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit yang disebut Bukit Gupit Giricahyo. Bukit ini masuk di wilayah desa Giricahyo Gunungkidul. Sementara untuk parangtritis sudah masuk di wilayah bantul. Desa Giricahyo ini memiliki 7 Padukuhan, yaitu Padukuhan Gabug, Padukuhan Wuni, Padukuhan Karangtengah, Padukuhan Jurug, Padukuhan Nglumbung, Padukuhan Jati dan Padukuhan Jambu.

Paralayang Jogja

Untuk menuju ke Bukit Gupit Jika anda dari Parangtritis maka anda bisa ambil ke arah kiri menuju jalan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Jalan ini merupakan jalan penghubung antara jalan Bantul atau Parangtritis dan menuju ke pantai-pantai di gunungkidul. Jarak dari pantai Parangtritis hingga ke bukit Gupit sekitar 3 kilometer lebih. Anda tidak perlu membayar tiket masuk wisata di Bukit Gupit ini. Sebenarnya Bukit Gupit ini sering dipakai untuk start olahraga paralayang. Jika anda datang dari arah parangtritis anda hanya membayar tiket masuk wisata parangtritis saja.  Jika hendak kesana jangan segan-segan untuk tanya kepada penduduk sekitar, karena mereka akan dengan senang hati menunjukkan arah menuju bukit Gupit ini.

Bagi para pecinta olahraga Gantole atau paralayang di  Yogyakarta maka bukit Gupit ini tak asing lagi bagi mereka. Karena pastinya sudah sangat sering mengunjungi lokasi ini untuk latihan paralayang. Tempat ini memang cocok untuk olahraga paralayang bahkan pernah digunakan event bertaraf nasional yaitu Jogja Air Show 2014.

Jika anda sudah menikmati Bukit Gupit ini maka disekitar bukit ini juga terdapat situs-situs peninggalan bersejarah seperti Candi GembirowatiSendang Beji dan pasanggrahan Gembirowati. Adalagi Goa Lengse yang juga tak kalah fenomenal. jadi jika anda berkunjung ke pantai parangtritis sempatkan pula untuk menikmati keindahan pantai selatan jawa dari atas Bukit Gupit sebagai alternatif wisata di Jogja.

Mau berwisata ke pantai Parangtritis? silahkan lihat disini list  paket wisata jogja parangtritis.

 

Baca Juga …

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Wisata Alam Jogja Ramah Anak

Jogja memiliki beragam destinasi wisata alam ramah anak, yang dapat menjadi pilihan sempurna bagi keluarga yang ingin...

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Tak jauh dari keramaian kota Yogyakarta, tersembunyi sebuah destinasi unik yang menggabungkan keindahan alam dan...

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.