Berwisata Kuliner di Sentra Gudeg Wijilan

Wisata Kuliner Gudeg Wijilan

Written by Didik Wahyudi

Wisata Kuliner Gudeg Wijilan – Sejak zaman kerajaan Mataram Islam hingga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekarang ini, gudeg merupakan salah satu masakan yang populer oleh keluarga istana. sehingga menu gudeg sering hadir dalam acara resmi keraton. Sebut saja Kampung Wijilan yang letaknya masih berada dalam lingkungan Keraton Yogyakarta merupakan sentra produksi gudeg di Yogyakarta. Bahan baku gudeg adalah nangka muda atau gori. Bahan dasar lain membuat gudeg yaitu manggar (pondoh kelapa) atau rebung (anakan bambu)

Makanan ini identik dengan rasa manis berpadu dengan rasa gurih ( tambahan bumbu areh atau santan kental ). Tentunya selalu menjadi incaran wisatawan lokal maupun luar negeri setiap datang di Yogyakarta. Dalam penyajiannya gudeg biasanya bersamaan dengan beberapa lauk pauk seperti, daging ayam, telur, tempe bacem, tahu bacem dan juga sambel krecek. Biasanya penyajian gedeg ini sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri. Setiap porsi nasi gudeg disajikan dalam piring yang terbuat dari tanah liat yang dilapisi dengan daun pisang.

Wisata Kuliner Gudeg Wijilan

Anda juga bisa memesan gudeg ini untuk dibawa pulang dan cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk anda yang di luar kota sebaiknya memilih gudeg kering karena bisa tahan sampai 3 hari. Anda dapat memilih kemasan gudeng kering ini, dengan besek (anyaman bambu) atau diletakkan dalam kendhil (semacam guci dari tanah liat yang dibakar).

Di Kampung Wijilan terdapat puluhan warung gudeg tersebar di sepanjang jalan. Kampung Wijilan selalu ramai menjadi tempat tujuan pengunjung terutama pada hari libur, sentra gudeng ini akan sangat ramai dipadati pengunjung yang ingin membeli masakan gudeg.

Lokasi Gudeg Wijilan Yogyakarta

Kampung Wijilan terletak di Jalan Wijilan, sebelah selatan Plengkung Tarunasura atau lebih dikenal Plengkung Wijilan di sebelah timur Alun-alun Utara Yogyakarta.

Baca juga:

3 Restoran di Kota Jogja dengan Konsep Jawa

Akses Menuju Kampung Wijilan

Dari Kawasan Malioboro, Seputaran Alun-alun Utara, atau Keraton Yogyakarta anda bisa langsung menuju ke Timur. Setelah itu anda akan menemukan gapura besar atau Plengkung Wijilan dan anda sudah sampai di sentra penjualan Gudeg Wijilan. Selanjutnya silahkan anda pilih Warung yang akan anda kunjungi.
Gudeg Jogja tidak hanya ada di Wijilan, terutama gudeg basah banyak tersebar di wilayah Yogyakarta lainnya. Gudeg basah biasanya ada pada malam hari. Makanan ini berkuah dan tidak tahan lama seperti gudeg kering yang bisa ada sepanjang hari. Gudeng basah ini rasannya tidak kalah dengan gudeg kering. Rasanya tidak terlalu manis dan harganya juga lebih terjangkau dari pada gudeg kering.

Gudeg basah biasanya ada pada malam hari mulai jam 09.00 WIB ketika toko sudah tutup dan giliran warung gudeg untuk menggelar lesehan .

Beberapa lokasi tempat yang menyediakan Gudeg basah yang menjadi favorit adalah :

  1. Gudeg Permata : Jalan Kusumanegara Yogyakarta.
  2. Gudeg Mbak Sasha : Depan Mirota Gejayan dan Jalan Affandi Yogyakarta.
  3. Gudeg Pawon : Jl. Soepomo / Janturan ( merupakan warung gudeg yang unik karena menjual gudeng ini di dapur mereka langsung (pawon). Pengunjung bebas makan diseluruh bagian rumah, juga di dapur sekalipun )
  4. Gudeg Bromo ( Bu Thekluk ) : Jl. Affandi depan Visitel Yoagyakarta.
  5. Gudeg Sagem : Utara SMU N 1 Yogyakarta.
  6. Gudeg Batas Kota : Jl. Urip Sumoharjo ( dekat bioskop XXI )
  7. Gudeg Tugu : Jl. Sultan Agung ( barat Tugu )

Masih banyak pilhan gudeg Jogja yang bisa Anda dapatkan. Semuanya bisa Anda coba saat menikmati wisata kuliner Jogja khususnya gudeg.

Baca Juga …

Pari Klegung Jogja

Pari Klegung Jogja

Saat mengunjungi Yogyakarta dalam momen berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan beragam pengalaman seru....

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.