Meskipun bukan merupakan makanan asli Indonesia, mie merupakan makanan yang sangat populer di negara ini. Hampir tiap daerah memiliki makanan khas yang berupa olahan mie, begitu juga Yogyakarta. Di kota ini terdapat beragam warung mie yang diolah ala Jawa dan dikenal dengan nama bakmi. Berikut ini daftar warung bakmi jawa yang sudah melegenda dan terkenal karena kenikmatan rasanya.

Bakmi Mbah Mo

Dari sekian banyak warung bakmi Jawa yang ada di Jogja, Bakmi Mbah Mo yang paling melegenda. Meski terletak di pelosok Bantul (Desa Code, Trirenggo) dan jauh dari kota, Bakmi Mbah Mo selalu diburu para penggemarnya. Tak heran jika setiap hari warung ini dipenuhi motor maupun mobil dengan plat luar kota. Meski warung baru buka jam 5 sore, sebelum jam tersebut sudah banyak pembeli yang antri di warungnya.
Bakmi Mbah Mo dimasak satu-satu menggunakan tungku arang, karena itu citarasanya benar-benar terjaga. Jika dilihat dari tampilannya bakmi ini biasa saja bahkan cenderung tidak mengundang selera karena berwarna pucat. Tetapi jika sudah menyuap satu sendok, Anda akan dibuat terdiam karena kenikmatan rasanya. Kuah kental bakmi berasa dari kaldu rebusan induk ayam kampung dicampur kocokan telur bebek sehingga kaya protein. Kisaran harga sepiring bakmi dengan aneka variannya antara Rp 15.000