Pagelaran Gamelan Keraton Di Yogyakarta

gamelan

instrumen Gamelan

Wisatawan yang berkunjung di Keraton Yogyakarta dapat menikmati pertunjukan seni pagelaran gamelan keraton setiap hari dengan gratis. Wisatawan akan disuguhi pertunjukan seni seperti seni gamelan atau karawitan, wayang golek, wayang orang dan seni tari. Pertunjukan seni tersebut digelar atau diadakan oleh sanggar seni atau kelompok dari berbagai daerah di Yogyakarta maupun dari mahasiswa dari perguruan tinggi di Yogyakarta.

Setiap hari Senin dan Selasa merupakan jadwal rutin dari pertunjukan seni pagelaran gamelan Keraton dan karawitan di Keraton Yogyakarta. Sedangkan pada hari Rabu diadakan pertunjukan seni wayang golek yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya pertunjukan seni tari diadakan setiap hari Kamis, namun biasanya diganti dengan pertunjukan karawitan atau gamelan karena tidak adanya penari yang mengisi acara tersebut. Sedangkan pada hari Minggu pertunjukan seni diadakan dengan menampilkan seni wayang orang pada pukul 09.30 WIB.

Semua pertunjukan seni yang diadakan di Keraton Yogyakarta tidak lepas dari musik pengiringnya yaitu gamelan. Sehingga gamelan merupakan pemegang faktor yang amat penting dalam dunia kesenian Jawa pada khususnya.

Gamelan merupakan merupakan satu kesatuan yang utuh dari berbagai unsur alat musik yang dibunyikan secara bersama-sama. Gamelan berasal dari bahasa Jawa