Kalibiru merupakan hutan wisata yang dikelola oleh masyarakat. Tempat ini dilengkapi dengan jalur treking, homestay, gardu pandang, camping ground, dan fasilitas outbond. Dari tempat ini wisatawan bisa menyaksikan landskap Perbukitan Menoreh yang menghijau serta panorama Waduk Sermo.

Selama ini Kabupaten Kulonprogo sering dipandang sebelah mata. Padahal kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini memiliki pesona alam yang tak kalah menarik dengan wilayah lain di Yogyakarta. Kabupaten ini kaya dengan wisata budaya, sejarah, serta wisata alam. Selain gua dan pantainya, wisata alam lain yang kini sedang populer di kalangan wisatawan adalah Hutan Wisata Kalibiru.

Terletak di kawasan Perbukitan Menoreh, Kalibiru memiliki suhu yang sejuk dan udara segar sehingga cocok dijadikan tempat berlibur. Pada mulanya Kalibiru adalah hutan milik pemerintah, namun kini hutan tersebut dikelola oleh masyarakat dan dikembangkan menjadi wisata alam sekaligus wisata edukasi. Sajian utama di tempat ini tentu saja jalur treking dengan pemandangan yang menawan. Wisatawan yang penat dengan kehidupan kota pun bisa berjalana-jalan di Hutan Kalibiru untuk menikmati kesegaran hutan dan mendengarkan aneka cuit burung serta derik serangga.

Kalibiru dilengkapi dengan areal parkir yang luas, kios makanan, fasilitas mck, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond. Homestay atau pondok wisata yang ada di Kalibiru berjumlah 6 dan masing-masing dapat menampung 100